Mengamankan Jakarta usai teror Surabaya

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Mengamankan Jakarta usai teror Surabaya "Kami berkomitmen untuk menjamin keamanan di wilayah DKI Jakarta." - Sandiaga Uno

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan seluruh objek vital Ibu Kota dalam keadaan aman menyusul ledakan bom di Surabaya pada Minggu dan Senin pagi.

"Sebelum saya datang ke sini saya bicara dengan Pak Kapolda, memantau perkembangan terakhir. Alhamdulillah Jakarta aman terkendali," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin (14/05/2018).

Aparat kepolisian, Komando Daerah militer, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan aparatur pemerintah, ia melanjutkan, dalam dalam posisi siaga menjaga objek-objek sangat penting di Ibu Kota.

"Lebih dari 36.000 personel saat kita berbicara ini sedang bertugas di lapangan, memastikan semua objek vital di Jakarta dalam posisi aman, dan bisa merespons cepat atas semua laporan yang ada dari masyarakat," kata Gubernur. 

Ia menambahkan bahwa di tingkat kelurahan pun aparat kepolisian, militer, pemerintah daerah, dan warga bahu-membahu menjaga keamanan wilayah.

"Oleh karena itu, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menunjukkan sikap tenang, tidak perlu panik, tidak perlu menunjukkan sikap-sikap yang berlebihan, dan bila menemukan ada tanda-tanda mencurigakan jangan menyebarkan kekhawatiran apalagi hoaks," katanya.

Ia meminta warga segera melapor ke aparat penegak hukum terdekat atau Ketua RW/Ketua RT jika melihat atau mengetahui hal atau perilaku yang mencurigakan.

"Karena pagi ini, dalam pembicaraan tadi, juga kami diskusikan sudah banyak beredar kabar-kabar, ada peristiwa ini, ada yang mencurigakan, itu yang akhirnya hanya menimbulkan kecemasan," kata Anies.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengimbau masyakat untuk bersikap tenang dan tidak perlu panik terkait teror bom di Surabaya.

Pengamanan fasilitas umum diperketat

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyatakan akan memperketat pengamanan di seluruh halte dan unit-unit armada Bus Transjakarta.

"Sehubungan dengan peristiwa bom di Surabaya kemarin, kami berinisiatif untuk memperketat pengamanan di semua halte dan bus Transjakarta," kata Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono.

Dia pun mengaku telah memberikan instruksi kepada seluruh petugas untuk segera meningkatkan pengamanan di seluruh halte dan bus Transjakarta yang ada di ibukota.

"Karena seluruh halte dan bus Transjakarta itu merupakan objek vital nasional, sehingga harus dijaga kualitas keselamatan serta keamanannya," ujar Budi.

Dia menuturkan peningkatan keamanan itu dilakukan dengan meningkatkan pengawasan melalui kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di halte dan bus Transjakarta.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno mengatakan untuk memperketat pengamanan, terutama jelang perhelatan Asian Games 2018, Pemprov telah menambah jumlah kamera pengawas (Closed Circuit Television/CCTV).

"Kami berkomitmen untuk menjamin keamanan di wilayah DKI Jakarta selama penyelenggaraan Asian Games 2018," kata Sandi.

"Kami berencana menambah 300 unit CCTV dari total 6.000 unit yang sudah beroperasi. Kamera CCTV itu juga dilengkapi dengan teknologi yang mampu memindai wajah dengan face recognition," ia menambahkan.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik DKI Jakarta Dian Ekowati mengatakan pemerintah mengupayakan pengadaan tambahan CCTV tersebut melalui mekanisme tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR).

Pemerintah provinsi, ia menjelaskan, sudah mengidentifikasi sejumlah titik lokasi penempatan tambahan CCTV tersebut, terutama selama perhelatan Asian Games 2018.

"Yang menjadi prioritas kami yaitu mulai dari Wisma Atlet sampai Gelora Bung Karno (GBK), Senayan. Karena di situ juga merupakan rute bagi para atlet. Kami akan siapkan unit-unit CCTV tambahan itu," kata Dian.

Trump tempatkan konsulat Palestina di bawah kedutaan Israel
Bila diserang, Rusia akan respon serangan rudal dengan senjata nuklir
Puluhan kali gempa, Anak Krakatau berstatus waspada
DPR pertanyakan keengganan pemerintah naikkan harga BBM
Ini alasan Golkar setuju dana saksi pemilu jadi beban negara
Gonjang-ganjing muktamar Pemuda Muhammadiyah diintervensi
DPR akan panggil tiga lembaga terkait peluru nyasar
PAN larang kepala daerah jadi tim sukses
Polisi: Total 6 peluru nyasar ditemukan di gedung DPR
PKB bantah acungan satu jari direktur IMF sebagai kampanye Jokowi
Pelopor perdamaian bangkitkan Indonesia damai
Ada kelompok yang berupaya bunuh karakter TGB
PAN setuju dana saksi pemilu dibiayai negara
Sri Mulyani dan Luhut akan dilaporkan ke Bawaslu, Zulhas: pejabat hati-hati
DPR jelaskan alasan biaya saksi pemilu ditanggung negara
Fetching news ...