Tanggapi SBY, kubu Jokowi nilai kebebasan berpendapat sudah baik

REPORTED BY: Insan Praditya

Tanggapi SBY, kubu Jokowi nilai kebebasan berpendapat sudah baik Presiden Republik Indonesia Pertahana, Joko Widodo

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Johnny G Plate mengatakan bahwa jaminan kebebasan berpendapat di era Presiden Joko Widodo sudah baik. Ia mengatakan Presiden Jokowi sudah memberikan perlindungan hak-hak individu dan hak berserikat. Hal ini menanggapi kritik dari Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono yang menyebut rakyat saat ini takut berpendapat.

"Saya kira pemerintahan Pak Joko Widodo saat ini salah satu pemerintahan yang sangat demokratis, yang betul-betul memberikan perlindungan terhadap hak-hak individu, hak-hak berserikat, itu perlindungan secara sungguh-sungguh dilakukan, dan masih banyak lagi," kata Johnny di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (18/09/2018).

Johnny juga mengatakan kritik dari mantan presiden ke-6 itu akan menjadi analisis dan pertimbangan bagi pemerintahan Jokowi-JK. Ia juga berterimakasih dengan masukan tersebut.

"Masukan dari Pak SBY itu menjadi masukan yang tentu (harus) dianalisis relevansinya, kami berterima kasih banyak masukan yang menjadi pertimbangan kami," ujarnya.

Johnny menegaskan setiap Presiden itu memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Ia menambahkan Presiden Jokowi fokus pada pembangunan infrastruktur.

"Tapi tentu kebijakan presiden, setiap presiden mempunyai tekanan kebijakan yang berbeda-beda, kalau kebijakan Pak Joko Widodo seperti yang kita tahu di Nawacita I yang tekanan belanja infrastruktur dan konektivitasnya besar," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan pidato politiknya dalam rangka memperingati hari jadi Partai Demokrat yang ke-17.

SBY beberapa kali mengkritik pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla saat ini. Ada beberapa poin yang menjadi kritik mantan presiden ke-6 itu kepada pemerintahan Jokowi, salah satunya kebebasan berpendapat di publik. SBY menilai bahwa masyarakat dewasa ini cenderung ketakutan untuk menyuarakan pendapatnya. Selain itu, SBY juga menyinggung mengenai penegakan hukum yang tebang pilih.

Merayakan kemerdekaan diri versi Kishimi dan Koga
Mari rayakan 16 hari kampanye antikekerasan terhadap perempuan
Pengampunan sejati
Budiman: Pengetahuan Rocky Gerung so old, sudah kedaluarsa!
PSI usulkan debat capres dan cawapres di desa
PKB nilai Banser ingin bakar bendera HTI bukan bendera tauhid
Bamsoet pimpin peluncuran aplikasi DPR Now
DPR RI minta penjelasan parlemen Myanmar di forum internasional soal Rohingnya
PDIP: pelemahan rupiah sudah sejak Indonesia merdeka
DPR usul aturan pidana atas bea materai
PSI minta Sandiaga tidak nyinyir soal dana kelurahan
Menegakkan prinsip good governance
Selain di perguruan tinggi, PKS usul debat capres di pasar dan gedung olahraga
Fadli Zon nilai Jokowi sindir diri sendiri
Massa ingatkan KPK dengan obat anti masuk angin
Fetching news ...