Prabowo nilai kebijakan impor pangan dan energi tak dapat dipertahankan

REPORTED BY: Insan Praditya

Prabowo nilai kebijakan impor  pangan dan energi tak dapat dipertahankan Calon Presiden RI, Prabowo Subianto

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menilai kebijakan impor pangan dan energi yang berlangsung selama ini perlu dihentikan. Menurutnya, dengan kondisi alam Indonesia yang ada, kebijakan ini dinilai berbenturan dengan apa yang sudah menjadi cita-cita pendiri bangsa.

"Pemerintah kita sendiri mengumumkan minggu lalu bahwa di tahun 2027 kita akan mengimpor 100 persen kebutuhan energi kita. Hari ini kita mengimpor 1.3 miliar barel per hari. Ini tidak bisa dipertahankan untuk ketahanan hidup negara Indonesia," ujar Prabowo Subianto saat berpidato di Indonesia Economic Forum, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Prabowo mengatakan Indonesia merupakan kawasan zona tropis dunia dengan masa panen tiga kali setahun sehingga faktor tersebut akan menguntungkan dari segi pertanian. Ia juga menyatakan bahwa Indonesia tidak lagi harus melakukan kebijakan impor jika terpilih menjadi presiden di pilpres 2019 mendatang.

"Strategi saya, kita akan menggunakan keunggulan kompetitif kita. Kita menduduki sepertiga zona tropis dunia. Ini berarti kita bisa panen tiga kali setahun dengan teknologi dan pemerintahan yang baik. Keunggulan kompetitif kita di agrikultur dan agribisnis,"  jelasnya.

Tidak hanya itu, dia mengatakan akan memanfaatkan teknologi bioenergi dan biofuel serta memanfaatkan hutan untuk menjadi lebih produktif kembali.

"Maka dari itu, strategi saya adalah melalui bioenergi dan biofuel. Kita akan membangun ulang hutan-hutan agar menjadi produktif, itu strategi saya. Strategi dorongan Besar tim Prabowo-Sandi adalah untuk berdikari dengan cepat," lanjut Prabowo.

Pada kesempatan itu, Prabowo mengungkapkan banyak kelebihan dari Indonesia yang sebenarnya dapat ditingkatkan lagi dalam rangka menghadapi tantangan kebutuhan energi masa depan seperti produksi gas sintetik, bioetanol hingga bio energi.

"Makanya kita yakin bahwa kita dapat memproduksi bioenergi yang luas. Kita bisa memproduksi bioetanol dari pohon aren. Kita bisa memproduksi gas sintetik. Maka dari itu ini akan menjadi inti dari strategi pendorong kita," ungkapnya.

Lebih lanjut, Pabowo mengatakan saat ini Indonesia memiliki lahan yang sangat luas dalam memproduksi sejumlah energi terbarukan tersebut,sehingga hal tersebut harus dicarikan inovasi untuk pengelolaan nya.

"Setelah dikalkulasi, ada sekita 8 juta hektar yang memproduksi energi, dan 4 atau 5 juta hektar yang memproduksi pangan. Kita harus mencari inovasi baru yang revolusioner, teknologi untuk mengelola air kita. Kita bisa melihat sekarang efek dari pergantian iklim," tutupnya.

Tak ada penampakan SBY di debat perdana, ini respons kubu Prabowo
Grace Natalie: Jokowi kalahkan Prabowo 5-1
TKN pastikan Jokowi-Ma'ruf hadirkan suasana menggembirakan
OSO minta Jokowi dan Prabowo tak saling serang
Gerindra minta KPU tak tanggapi laporan pelanggaran kampanye pidato Prabowo
Pendukung mulai adu yel-yel jelang debat
Massa geruduk Istana desak pengadilan HAM Ad Hoc untuk Prabowo
KPK panggil lima anggota DPRD Bekasi terkait Meikarta
Pimpinan DPR harap debat capres dan cawapres berjalan natural
Pendukung Jokowi dan Prabowo gelar nobar debat capres
Nissa Sabyan unggah foto bareng Sandi bikin penggemar keki
Jelang debat, Ma'ruf Amin latihan dan terima masukan pakar
PPP sarankan Ma'ruf Amin masukkan perspektif agama dalam debat
Polemik pembangunan tol, Fahri Hamzah: Itu punya swasta
IHSG diprediksi menguat, perhatikan rekomendasi saham ini
Fetching news ...