Gerindra sebut imbauan Rizieq tausiyah

REPORTED BY: Insan Praditya

Gerindra sebut imbauan Rizieq tausiyah Sekretaris Jendral Partai Gerindra, Ahmad Muzani

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan pernyataan Rizieq Shihab dalam video yang diputar pada acara reuni 212 yang mengimbau massa untuk tidak memilih calon presiden penista agama adalah bagian dari tausiyah.

"Saya kira tidak dimaksudkan kepada capres tertentu, karena Habib Rizieq menyampaikan itu bagian dari tausiyahnya beliau," kata Muzani saat ditemui wartawan di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (03/12/2018).

Muzani mengatakan Rizieq Shihab hanya menyampaikan dakwah supaya keyakinan dan keimanan masyarakat bisa terjaga. Ia menilai pernyataan itu tidak ditujukan untuk siapapun.

"Jadi saya kira itu bagian dari sesuatu yang umum, yang netral, yang tidak ditujukkan kepada siapapun," ujarnya.

Muzani mengatakan pernyataan Rizieq Shihab itu tidak melanggar aturan kampanye. Sebab, menurutnya pernyataan itu sama halnya mengimbau masyarakat untuk tidak memilih calon pemimpin yang korupsi.

"Saya kira tidak, karena itu sama misalnya jangan memilih calon pemimpin yang korupsi, kan itu sama saja, karena itu bagian dari upaya penegakkan moral sebagai seorang pemimpin dan pejabat publik," tuturnya.

Selanjutnya, Muzani mengatakan acara reuni 212 kemarin murni acara keagamaan, bukan kampanye. Ia mengatakan Ketua Umum Gerindra itu diundang sebagai bagian dari umat.

"Jadi saya kira Pak Prabowo juga diundang sebagai bagian dari umat. Jadi pak Prabowo datang," pungkasnya.

Sebelumnya, video Rizieq Shihab dalam acara reuni 212 menjadi sorotan karena dalam video itu Rizieq mengatakan haram untuk memilih capres dan cawapres penista agama. Padahal sebelumnya, Bawaslu sudah melarang aksi itu untuk kepentingan kampanye.

"Kami nyatakan tanpa sedikit pun keraguan bahwasanya haram kita memilih capres dan caleg partai-partai pendukung penista agama," kata Habib Rizieq dalam rekaman pidato yang diputar dari panggung Reuni 212, Monas, Jakarta, Minggu (02/12/2018).

Rizieq mengulangi pernyataan itu sampai tiga kali. Ia mengimbau peserta Reuni 212 untuk memilih capres dan caleg yang diusung partai-partai koalisi keumatan.

"Di Pilpres dan Pileg 2019, haram haram haram kita memilih capres caleg partai-partai pendukung penistaan agama, dari kota hingga pedesaan, dari gunung hingga ke lembah, haram haram haram memilih capres dari kalangan mereka, siapa pun yang jadi calonnya," pungkasnya.

 

Kubu Jokowi klaim paling sedikit langgar aturan kampanye
Siapa pelanggar kampanye terbanyak? Ini kata Bawaslu
Bukan hanya barang, Cina juga bikin Kota Paris versi KW
3 bulan kampanye Pemilu, Bawaslu catat 192 ribu pelanggaran
\
Palestina jadi isu penting agenda diplomasi Parlemen
Penyebab korupsi menurut ahli filsafat Islam
Tanggapi #Sandiwara Uno, PAN: TKN sebaiknya fokus pada kebijakan dan program
Fahri Hamzah setuju pembentukan Pansus KTP elektronik
PDI: BPN pindah ke Jateng justru membangunkan banteng tidur
Sandi dituding playing victim, BPN: Jangan langsung tuduh
Fitnah Jokowi PKI, BPN minta La Nyalla diproses polisi
Momen kampanye, pengamat ragu DPR segera revisi UU perkawinan
PDIP minta Anies siaga hadapi bencana
Aktivis tunggu Prabowo minta maaf ke umat Islam
Fetching news ...