Fadli Zon: Seruan Rizieq ganti presiden di reuni 212 bukan kampanye

REPORTED BY: Insan Praditya

Fadli Zon: Seruan Rizieq ganti presiden di reuni 212 bukan kampanye Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon

Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon menilai ajakan Rizieq Shihab untuk ganti presiden pada acara Reuni 212 tidak termasuk dalam kampanye. Fadli menilai tersebut merupakan aspirasi setiap warga negara dalam berdemokrasi.

"Itu bukan kampanye, karena itu aspirasi tiap orang,menyampaikan pendapatnya bahwa 2019 untuk ganti presiden kan tidak ada masalah," ujarnya di gedung DPR-MPR RI Jakarta, Senin (03/11/2018).

Fadli menjelaskan bahwa kampanye adalah menyampaikan visi-misi dan program sang calon presiden. Fadli menduga ada pihak yang tidak senang dan terhadap Prabowo saat menjadi tamu di Reuni 212 kemarin.

"Kampanye itu mengajak, menyampaikan visi misi dan sebagianya. Tapi kalau mau menyampaikan satu sikap bahwa dia mau ganti presiden ya nggak ada masalah," jelasnya.

"Saya kira itu kan pendapat orang yg sinis kepada pertemuan kemarin," lanjutnya.

Lebih lanjut, Fadli menuding pihak koalisi Jokowi yang berusaha melakukan kampanye terselubung, seperti bagi-bagi sertifikat tanah gratis kepada masyarakat.

"Kalau mau lihat yang politik itu, misalnya presiden Joko widodo membagi-bagi sertifikat itu bermuatan politik," katanya.

Kendati demikian, Fadli mengatakan bahwa acara tersebut juga dapat menambah elekteblitas bagi suatu kandidat. Oleh karena itu, sah-sah saja jika suatu pasangan calon (Paslon) datang ke acara yang di adakan oleh masyarakat.

"Mudah-mudahan, ya itu kan sah-sah saja ya, menurut saya memang kita ini berada di tahun politik, tentu setiap kandidat baik kandidat nomor 1 nomor 2 dan juga para caleg kan berusaha untuk menambah dukungan dari masyarakat," ujar Fadli

Sebelumnya, Habib Rizieq Shihab menyerukan perubahan di Indonesia yang tengah carut marut. Perubahan yang diserukan Habib Rizieq adalah 2019 ganti presiden.

“Dan menurut hemat saya, menurut hemat saya, menurut hemat saya, bahwa perubahan dalam waktu dekat di depan mata saya tidak lain adalah 2019 ganti presiden,” kata Rizieq dalam rekaman suara pidato yang diputar dari panggung Reuni 212.

Kubu Jokowi klaim paling sedikit langgar aturan kampanye
Siapa pelanggar kampanye terbanyak? Ini kata Bawaslu
Bukan hanya barang, Cina juga bikin Kota Paris versi KW
3 bulan kampanye Pemilu, Bawaslu catat 192 ribu pelanggaran
\
Palestina jadi isu penting agenda diplomasi Parlemen
Penyebab korupsi menurut ahli filsafat Islam
Tanggapi #Sandiwara Uno, PAN: TKN sebaiknya fokus pada kebijakan dan program
Fahri Hamzah setuju pembentukan Pansus KTP elektronik
PDI: BPN pindah ke Jateng justru membangunkan banteng tidur
Sandi dituding playing victim, BPN: Jangan langsung tuduh
Fitnah Jokowi PKI, BPN minta La Nyalla diproses polisi
Momen kampanye, pengamat ragu DPR segera revisi UU perkawinan
PDIP minta Anies siaga hadapi bencana
Aktivis tunggu Prabowo minta maaf ke umat Islam
Fetching news ...