Ideas

Israel akan terus serang Suriah meski dibantu Rusia

REPORTED BY: Insan Praditya

Israel akan terus serang Suriah meski dibantu Rusia

Militer Israel atau Israel Defence Forces (IDF) akan terus menyerang sasaran Iran di Suriah meskipun Rusia akan membantu Suriah dengan Rudal baru tipe S-300. Hal tersebut dinyatakan oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Selasa (25/09/2018), satu hari setelah Rusia mengumumkan rencana untuk meningkatkan pertahanan Suriah.

“Kami memberikan dukungan penuh kepada militer Israel dalam tindakannya untuk membela negara. Kami akan terus mengambil tindakan untuk mencegah pembentukan kehadiran militer Iran di Suriah, ”kata Netanyahu.

Netanyahu berbicara sebelum berangkat ke New York, ketika dia berencana untuk bertemu dengan Presiden AS Donald Trump pada Rabu pagi. Rencananya mereka akan bertemu di sela-sela sidang Majelis Umum PBB untuk apa yang akan menjadi pertemuan tatap muka kelima mereka.

Rencana Rusia mengenai S-300 akan menjadi bagian penting dari percakapan itu. Israel khawatir bahwa sistem anti-rudal akan membuat lebih sulit bagi militer Israel untuk melakukan serangan udara terhadap target Iran.

Keputusan untuk mentransfer S-300 muncul setelah pesawat perang Rusia ditembak jatuh di atas Suriah pada (17/09/2018), yang menewaskan 15 personel militer Rusia. Rusia menuding Israel bertanggungjawab atas jatuhnya pesawat itu, sementara Israel menuduh Suriah dan Iran menundukkan pesawat.

Terlepas dari perang retorika antara Israel dan Rusia, Netanyahu mengatakan bahwa ia telah berkomunikasi dengan Presiden Rusia, Vladimi Putin. Dalam percakapan dengan  Putin, keduanya sepakat bahwa tentara Israel dan Rusia akan melanjutkan koordinasi keamanan mereka di Suriah.

“Kami akan melanjutkan koordinasi keamanan antara militer Israel dan militer Rusia. Untuk tujuan ini, saya setuju dengan Presiden Putin bahwa militer Israel dan tim kerja militer Rusia akan segera bertemu” tutup Netanyahu.

 

Kubu Jokowi: Ujian Nasional harus dipertahankan
Aksi ambil untung buat IHSG rentan terkoreksi
Fadli Zon nilai ujian nasional tak selesaikan persoalan standardisasi pendidikan
KPU nilai debat ketiga lebih kondusif dibanding debat kedua
Golkar nilai debat cawapres tak seimbang, Ma'ruf Amin jauh lebih menguasai
Kubu Prabowo nilai Ujian Nasional pantas dihapus
Allah lebih memihak perempuan?
Politisi Demokrat desak audit lingkungan di Pulau Wawonii dan Kabaena
Bautista kembali menangi balapan kedua WSBK Thailand
Penjelasan Bank Mandiri soal surat tagihan perusahaan Prabowo
Infrastruktur langit Ma'ruf Amin sempat buat penonton debat tertawa spontan
Bamsoet: Kalau tidak ada UN, kualitas pendidikan akan timpang
Hari ini, IHSG diprediksi terkoreksi wajar
Cara mutusin hubungan dengan baik
DPR RI berhasil dorong isu diskriminasi muslim Ulghur di Parlemen OKI
Fetching news ...