Tato tertua di tubuh mumi Mesir

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Tato tertua di tubuh mumi Mesir

Para peneliti menemukan tato figuratif tertua di dunia pada dua mumi kuno Mesir menurut British Museum.

Satu mumi lelaki ditemukan memiliki tato yang menggambarkan satu banteng liar dan domba Barbary pada lengan atasnya, sementara yang perempuan memiliki motif linear dan berbentuk S pada lengan atas dan punggung menurut hasil riset yang dipublikasikan di Journal of Archaeological Science edisi 1 Maret 2018.

Karya seni itu tampak sebagai coretan tinta pada cahaya alami, namun para peneliti di British Museum dan Faculty of Oriental Studies Oxford University mengidentifikasi tato-tato itu pada 2017 menggunakan fotografi inframerah.

"Ini sebenarnya memberikan wawasan yang sepenuhnya baru mengenai penggunaan tato," kata Daniel Antoine, kurator antropologi fisik di British Museum, kepada Reuters.

"Lokasi tato-tato ini menunjukkan bahwa mereka dirancang untuk sangat terlihat pada bagian atas lengan dan punggung," katanya, menambahkan bahwa penemuan itu mendorong ke belakang 1.000 tahun bukti perajahan di Afrika.

Mumi-mumi itu digali 100 tahun lalu di kota Gebelein, Mesir, sekitar 40 kilometer selatan Luxor masa modern. Mereka berasal dari masa 3351 sampai 3017 SM, yang merupakan periode Predynatic sebelum Mesir disatukan oleh Firaun pertama.

Para peneliti mengatakan tato perempuan mungkin menunjukkan status, keberanian atau pengetahuan magis, sementara para pria tampaknya merupakan simbol kejantanan dan kekuatan.

Sebelum penemuan itu, para arkeolog meyakini tato di Mesir hanya dilakukan pada perempuan, karena tato hanya digambarkan pada arca-arca perempuan pada periode itu.

Tato tertua yang masih bertahan adalah desain geometris pada mumi mayat yang disebut Otzi, yang  berasal dari masa sekitar 5.300 tahun lalu dan ditemukan masih awet di pegunungan Alpen Italia pada 1991.

Tato di berbagai belahan dunia

Rajah atau tato merupakan praktik yang ditemukan hampir di semua tempat dengan fungsi sesuai dengan adat setempat. Rajah dahulu sering dipakai oleh kalangan suku-suku terasing di suatu wilayah di dunia sebagai penandaan wilayah, derajat, pangkat, bahkan menandakan kesehatan seseorang. Rajah digunakan secara luas oleh orang-orang Polinesia, Filipina, Kalimantan, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Mesoamerika, Eropa, Jepang, Kamboja, serta Tiongkok. Walaupun pada beberapa kalangan rajah dianggap tabu, seni rajah tetap menjadi sesuatu yang populer di dunia.

Kata "tato" sendiri berasal dari bahasa Tahiti, "tatu" berarti ‘menandakan sesuatu’.

Keberadaan merajah tubuh di dalam kebudayaan dunia sudah sangat lama ada dan dapat dijumpai di seluruh sudut dunia.

Tato dibuat sebagai suatu symbol atau penanda, dapat memberikan suatu kebanggaan tersendiri bagi si empunya dan simbol keberanian dari si pemilik tato. Sejak masa pertama tato dibuat juga memiliki tujuan demikian. Tato dipercaya sebagai simbol keberuntungan, status sosial, kecantikan, kedewasaan, dan harga diri. Ada berbagai jenis dan ragam bentuk tato, tergantung dengan apa yang dipercaya oleh suku-suku bersangkutan, dan di setiap daerah umumnya memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang tato, meski pada prinsipnya hampir sama.

Tato dibuat dengan berbagai cara. Ada yang menggunakan tulang binatang sebagai jarum seperti yang dapat dijumpai pada orang-orang Eskimo, suku Dayak dengan duri pohon jeruk, dan ada pula yang menggunakan tembaga panas untuk mencetak gambar naga di kulit seperti yang dapat ditemui di Tiongkok.

Lantik Wakapolri Syafruddin, Jokowi amankan suara Polri?
Soal tuntutan rotasi jabatan yang tak transparan, ini jawaban KPK
Orang Indonesia paling nggak bisa <i> nyusu </i>
Ma'ruf Amin perintahkan NU ancam Jokowi hanya tafsiran Mahfud MD
3 kali mogok dalam 12 hari, LRT Palembang 95 persen produk lokal
Legislator minta dalang pembakaran satu keluarga dihukum mati
Kubu Jokowi ingin Ma'ruf temui Rizieq di Mekkah
Ahok bakal terjun kampanye untuk Jokowi?
Ma'ruf Amin bapak ekonomi kaum tertindas
Realisasi investasi triwulan kedua turun 4,9 persen
Sandiaga Uno akui kekayaannya fluktuatif
Jangan khianati nenek moyang yang hadirkan kedamaian di bumi pertiwi
Rupiah masih terseok di atas Rp14.600
Cari istri perawan? di sini tempatnya
Sunan Kalijaga janji tak akan sebar hoaks demi menangkan Jokowi
Fetching news ...