Dana riset ditargetkan capai 2 persen APBN tahun 2030

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Dana riset ditargetkan capai 2 persen APBN tahun 2030

Kementerian Perindustrian menginginkan anggaran penelitian dan pengembangan di Indonesia mencapai dua persen dari total APBN pada 2030, di mana saat ini porsinya masih berada pada 0,3 persen.

"Itu anggaran litbang untuk semua sektor di Indonesia, termasuk sektor industri. Dan memang negara-negara maju itu anggaran litbangnya sudah 2 persen dari PDB mereka," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara, di Jakarta, Rabu (30/05/2018).

Antara menyampaikan, peningkatan alokasi anggaran untuk sektor litbang tidak bisa dilakukan secara mendadak, karena dibutuhkan program dan aktivitas yang jelas dan terinci dalam pelaksanaannya.

"Ya tidak bisa tahun depan langsung naik dua persen, peneliti juga akan bingung anggarannya mau buat apa saja. Jadi memang perlu direncanakan terlebih dahulu, bertahap, hingga mencapai dua persen pada 2030," kata dia.

Ia menambahkan, kegiatan penelitian dan pengembangan sangat dibutuhkan setiap negara, termasuk Indonesia dalam mengembangkan inovasi maupun kesejahteraan masyarakatnya. Swedia, sebagai misal, secara umum dana yang dikucurkan untuk penelitian dan pengembangan sekitar 20 persen dari keuntungan perusahaan.

Di sektor industri, penelitian dan pengembangan mutlak diperlukan, terlebih saat ini Indonesia telah memasuki revolusi industri 4.0, yang kaya teknologi informasi dan inovasi.

Ia yakin, implementasi industri 4.0 melalui kegiatan litbang akan membawa peluang besar dalam memperkuat kemampuan manufaktur Indonesia dengan meningkatkan peran ekspor, produktivitas, membangun kemampuan hingga kapasitas inovasi lokal.

Divonis mati, Aman pikir-pikir
Argentina di ujung tanduk dan permainan buruk Messi
Utang tembus Rp5.028 triliun, BI klaim masih sehat
Putin girang Rusia melaju ke babak knock out
Ahli nilai persepsi masyarakat terhadap rokok elektrik keliru
Risma ingatkan halalbihalal agar tak dijadikan alasan tunda pelayanan
Megawati: Bung Karno ditempatkan dalam sudut gelap sejarah
10 hal dalam RKUHP yang berpotensi lemahkan KPK
Menang di laga kedua, peluang Spanyol dan Portugal masih  bisa digagalkan Iran
Ketika negara hadir bantu korban kebakaran di suasana idul fitri
Kukuhkan dominasi di luar angkasa, Trump perintahkan bentuk pasukan antariksa
Tahun berganti dan masih punya hutang puasa Ramadhan, apa yang harus dilakukan?
Terus bertambah, korban KM Sinar Bangun hampir 200 orang
Dukun bayi Yamini baru terhenti setelah 25 tahun praktik aborsi
Berebut titipan SBY antara Gerindra dan Demokrat
Fetching news ...