Mengintip pernikahan putri Jokowi

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Mengintip pernikahan putri Jokowi Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa persiapan acara pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution telah siap 100 persen. 

“Ya alhamdulillah sudah selesai semuanya,” kata Presiden, saat ditanya oleh jurnalis di Desa Dungus, Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur, kemarin.

Jokowi mengungkapkan, rangkaian acara pernikahan akan dimulai hari ini, Selasa (07/112017) yaitu siraman dan malam midodareni, dan puncaknya ijab kabul dan resepsi pada hari Rabu, tanggal 8 November 2017.

 Presiden mengatakan tidak mengundang tamu dari negara asing pada resepsi pernikahan yang akan digelar di Gedung Graha Saba Buana Solo itu.

 “Ndak, ndak ada, nanti merepotkan,” jelas Presiden.

 Lebih lanjut, Presiden mengatakan bahwa sebagian tamu yang akan diundang justru berasal dari kalangan masyarakat di Surakarta.

 “Ya kita undang dari pasar, dari pedagang kaki lima juga kita undang, dari RT/RW kita undang, semuanya,” ungkap Presiden. 

Penentuan tanggal menurut adat Jawa

Putra pertama Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, mengungkapkan alasan pemilihan 8 November sebagai hari pernikahan adiknya, Kahiyang Ayu.

"Ini memang ada hitung-hitungannya, tanggal baiknya, tapi yang paling menentukan itu Sabtu-Minggu itu tidak bisa. (Resepsi pernikahan) saya dulu juga begitu, penuh terus," kata Gibran di kediaman pribadi Presiden Joko Widodo di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, beberapa waktu lalu.

Kahiyang Ayu akan menikah dengan Bobby Nasution pada 8 November 2017 di Graha Sabha Buana, gedung milik keluarganya di Solo yang juga menjadi tempat pernikahan Gibran pada 2015. Chili Pari milik Gibran akan menyediakan layanan kateringnya.

Presiden pun menyampaikan pernyataan dalam konferensi pers tentang pernikahan Kahiyang yang dipimpin oleh Gibran dan dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta Kahiyang Ayu.

"Maunya Sabtu, Minggu, tapi tidak bisa, sudah full," kata Presiden.

Hidangan khusus

Gibran Rakabuming Raka, yang bertindak sebagai event organizer, mengatakan sekitar 4000 undangan akan disebar.

Dalam pesta tersebut, Gibran mengungkapkan bahwa Chilli Pari Catering akan menyediakan berbagai makanan untuk para tamu.

"Yang pasti ada makanan tradisional Solo. Makanan yang dipersiapkan untuk 8000 porsi," katanya.

Gibran menyebut salah satu makanan tradisional Solo yang akan disajikan adalah bubur gudeg. Bubur gudeg sendiri adalah sajian gudeg nangka yang disajikan dengan bubur nasi yang lembut.

Tak cuma bubur gudeg, sajian martabak buatan Gibran, Markobar juga akan disajikan di pesta pernikahan Kahiyang dan Bobby. Sebelumnya markobar juga disajikan di pesta pernikahan Gibran dan Selvi Ananda beberapa tahun lalu di Solo.

Upaya meminimalisir korban dampak bencana
Kasus Novanto sengaja diramaikan untuk kepentingan Pilpres 2019?
Nikmati ubi jalar dalam bentuk es krim
Pesan Jokowi kepada Setya Novanto
Ribuan Tagana disiagakan hadapi cuaca ekstrem
Fetching news ...