Umat Hindu gelar upacara melasti

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Umat Hindu gelar upacara melasti

Umat Hindu di Magelang, Jawa Tengah, melakukan upacara melasti di sumber mata air Tuk Mas di Desa Lebak, Grabag, Kabupaten Magelang, Selasa Selasa (05/03/2019).

Prosesi melasti umat Hindu Magelang diawali dengan menyiapkan sarana upacara di Pura Wira Buwana kompleks Akademi Militer Magelang. Kemudian mereka menuju Tuk Mas dengan mengendari beberapa mobil dan truk.

Mendekati kawasan Tuk Mas, umat Hindu yang mengenakan pakaian adat Bali tersebut berjalan kaki menyusuri jalan kecil di pinggir persawahan menuju lokasi Tuk Mas dengan diiringi musik gamelan Bali.

Setelah sampai di kompleks Tukmas, mereka mempersiapkan sesaji dilanjutkan doa yang dipimpin Jro Mangku Wayan Kadek. Kemudian beberapa orang mengambil air di sumber air Tuk Mas dengan jerigen.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Magelang, I Gede Suarti mengatakan umat Hindu melakukan upacara melasti ini untuk menyucikan diri dari segala kotoran menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941/2019.

"Kami melaksanakan melasti, yang berarti membersihkan segala kotoran yang ada di tubuh kita secara rohani, jasmani maupun alam semesta. Setelah itu, ada sembahyang memohon kepada Yang Kuasa dilanjutkan mengambil air suci," katanya.

Ia menuturkan air suci itu nanti dibawa ke pura untuk disemayamkan dan besok sebelum melakukan sembahyang diadakan upacara tawur kesanga untuk kesejahteraan umat manusia dan alam semesta,” katanya.

Setelah itu dilakukan sembahyang kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk memohon keselamatan dalam menyambut Catur Brata Penyepian yang dilaksanakan pada 7 Maret 2019.

"Catur Brata Penyepian terdiri atas empat bagian, yakni amati geni atau tidak menyalakan api, amati lelungan atau tidak bepergian, amati lelanguan atau tidak bersenang-senang dan keempat, amati karya atau tidak bekerja," katanya.

Sebelumnya, ribuan umat Hindu mengiringi ritual Melasti ke Segara (Pantai ) Watu Klotok Sesunan Pura Agung Besakih serangkaian Pancawali Krama dan Turun Kabeh di pura terbesar di Bali, Sabtu (02/03).

Ritual Melasti adalah sebuah proses untuk membersihkan arca-arca untuk pembersihan secara spiritual tersebut dengan menempuh jarak lebih kurang 70 kilometer dari Pura Agung Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.

Krakatau Steel siap kooperatif dengan KPK
Pemburuan liar semakin marak, Walhi desak pemerintah segera selamatkan Orang Utan
GARBI: Jangan golput, pilih saja figur yang berpengalaman
Jokowi-Ma'ruf kampanye terbuka perdana di Banten
Ini isi tuntutan aktivis lingkungan untuk elit politik
Kubu Prabowo beri pembelaan atas pemecatan guru honorer pose dua jari
Es mencair, puluhan jenazah pendaki di Puncak Everest muncul
Dicoret di dua kabupaten, ini respons Partai Berkarya
BPN yakin sosok Sandiaga Uno mampu lampaui elektabilitas petahana
Impor bawang putih dinilai bakal turunkan elektabilitas Jokowi
Dilaporkan ke Bawaslu, Ma'ruf Amin: Itu tidak tepat
Prabowo-Sandi akan kumpulkan ketum partai dan tokoh agama
Tak serahkan dana kampanye, 11 Parpol digugurkan di tingkat daerah
DPR soroti hak politik narapidana dan warga binaan
Fadli Zon: Wiranto super ngawur
Fetching news ...