News Sport

Rusia 100 persen siap gelar Piala Dunia

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Rusia 100 persen siap gelar Piala Dunia

Presiden FIFA Gianni Infantino menegaskan Rusia telah seratus persen siap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia. Dia mengatakan hal tersebut saat berbicara tentang kekhawatiran mencuatnya isu rasisme, hak asasi manusia dan keamanan di negara tuan rumah itu seminggu sebelum turnamen tersebut dimulai.

Rusia bakal menjadi tuan rumah turnamen sepak bola terbesar di dunia itu mulai 14 Juni hingga 15 Juli di 12 stadion yang tersebar di kota-kota termasuk Moskow, St Petersburg, dan Sochi. Infantino merasa yakin bahwa para fans akan merasa nyaman saat menonton pertandingan yang ada.

"Saya kira kita dapat mengatakan bahwa Rusia 100 persen siap dan seluruh dunia benar-benar akan melihatnya ketika kita mulai pada 14 Juni dengan pertandingan antara Rusia dan Arab Saudi di Stadion Luzhniki," kata Infantino dalam wawancara video, Rabu (07/06/2018).

"Semua orang akan dapat menyaksikan betapa indahnya stadion dan bagaimana penyambutan negara ini, bagaimana organisasi dan persiapannya akan berjalan. Ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa," lanjutnya

Rusia telah mendapat pengawasan yang ketat dalam melaksanakan berbagai persiapan menggelar turnamen itu, termasuk masalah penggemar dan keamanan tim serta rasisme di pertandingan.

FIFA mendenda Rusia 30.000 franc Swiss (30.422 dolar AS) bulan lalu karena nyanyian diskriminatif penggemarnya setelah pelecehan rasis diarahkan kepada pemain Prancis selama pertandingan persahabatan di St Petersburg pada Maret.

"Saya tidak akan mengatakan bahwa saya prihatin tentang diskriminasi, hak asasi manusia atau keamanan tetapi jelas kami menganggap ini sangat, sangat serius dan kami telah mengambil langkah yang tepat," tambahnya.

"Untuk pertama kalinya kami memeriksa pembangunan stadion, situs untuk memastikan kondisi pekerja dalam keadaan benar ... kemajuan nyata telah dibuat dalam hal hak asasi manusia dan cara kami menangani pertanyaan seputar hak asasi manusia."

Infantino menjanjikan "lingkungan yang aman" bagi para penggemar yang datang ke kompetisi tersebut.

"Pihak berwenang Rusia menyadari situasi keamanan dalam peristiwa besar seperti itu," katanya. "Mereka bekerja sangat keras untuk mempersiapkan kerjasama dengan otoritas polisi dari semua pemerintahan di dunia ... untuk sepenuhnya siap mengatasi masalah potensial.

"Setiap penggemar yang datang ke Rusia akan disambut di lingkungan yang aman untuk merayakannya. Jika ada yang berpikir untuk datang ke Rusia untuk membuat masalah, dia lebih baik tinggal di rumah saja," katanya, demikian dilaporkan Reuters.

Archandra beber strategi jual blok migas Indonesia
Mengingat 3 horor perkosaan di Indonesia
Fahri Hamzah: Pilpres lebih banyak perang gimmick, rakyat lapar bos
Agung Laksono nilai dukungan Soetrisno Bachir dongkrak suara Jokowi
Popularitas Habieb Rizieq turun, Golkar: masyarakat ingin kelembutan
TKN: Ustad Abdul Somad tak berpihak pada Prabowo
Demokrat ke Prabowo-Sandi: Apa yang menjadi janji harus ditepati
Demokrat tuding Sekjen Gerindra beri informasi tak utuh ke publik
Isi pembicaraan Jokowi dengan Putin
Sederet dampak buruk jika Anda miskin
PAN nilai Sandiaga Uno lebih tingkatkan elektabilitas dibanding Prabowo
Kubu Jokowi nilai kampanye negatif tak haram
Kubu Prabowo ingin lakukan taubat nasional
DPR RI kutuk serangan Israel atas warga Palestina
Sete Gibernau kembali balap Gran Prix setelah 10 tahun pensiun
Fetching news ...