Amerika

Korut kembangkan nuklir antarbenua, ini komentar Trump

2.4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:17
03 JAN 2017
Donald Trump
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
CNN

Rimanews - Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump mengomentari ancaman nuklir pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

"Korut baru menyatakan bahwa mereka sedang dalam tahap akhir pengembangan senjata nuklir yang mampu mencapai wilayah AS. Hal itu tak akan pernah terjadi!" tulis Trump di Twitter hari ini WIB.

Dalam cuitan setelahnya, Trump menuding Cina tidak membantu AS menangani Korut. "Cina mengambil banyak uang dan kekayaan dari AS dalam perdagangan yang hanya menguntungkan satu pihak, tapi mereka tak mau membantu (mengatasi) Korut. Bagus!" tegasnya.

Sebelumnya dalam pidato menyambut Tahun Baru, Kim mengumumkan, militernya sedang melakukan persiapan untuk melakukan uji coba misil balistik antarabenua (ICBM) berhulu ledak nuklir yang mampu menjangkau AS.

Meski banyak pejabat dan ahli militer AS yang meragukan klaim pemimpin berusia 32 tahun itu, Trump tetap harus siap menghadapi berbagai isu terkait ancaman nuklir Pyongyang setelah dilantik 20 Januari mendatang.

Jeffrey Lewis, direktur Program Nonproliferasi Asia Timur (EANP) mengatakan, komentar Trump "bodoh, tapi tidak berdampak apa-apa".

"Saya rasa Korut akan tetap menguji (ICBM) KN-08 tahun ini, tak peduli apapun yang dikatakan Trump," katanya kepada CNN.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
21 Mei 2017 | 18:21
Cina bunuh 20 mata-mata CIA
9 Mei 2017 | 08:10
Gempa 6,4 SR guncang Alaska
Amerika