Amerika

Trump gelar jumpa pers 9 hari jelang pelantikan

2.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
14:50
04 JAN 2017
Donald Trump
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Daily Mail

Rimanews - Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump akan menggelar jumpa pers pertama sejak dinyatakan keluar sebagai pemenang pemilu untuk mengumumkan langkah-langkah yang akan dilakukannya guna menghindari konflik kepentingan sebagai pengusaha dan penguasa.

Trump terakhir kali menggelar konferensi pers Juli tahun lalu, dan jumpa pers pada 11 Januari nanti, atau sembilan hari jelang pelantikan, merupakan pengganti acara serupa yang urung digelar 15 Desember lalu.

"Saya akan menggelar jumpa pers umum pada SEBELAS JANUARI di N.Y.C (New York City). Terima kasih," kata Trump di Twitter, hari ini.

Di masa lalu, seorang presiden terpilih selalu menggelar jumpa pers, bahkan lebih dari sekali, selama masa transisi untuk mengumumkan berbagai macam hal, termasuk anggota kabinet dan rencana kebijakan.

Tradisi itu ditinggalkan oleh Trump yang lebih memilih mengumumkan anggota kabinet dan rencana kebijakannya dalam acara "Tur Terima Kasih", sesi foto, wawancara eksklusif dan bahkan lewat Twitter.

Metode yang digunakan Trump dalam mengabarkan proses transisi merupakan hal tak lazim bagi seorang kepala negara.

Bulan lalu, Trump tiba-tiba memberikan pengumuman kepada wartawan yang bertugas di Trump Tower bahwa Masayoshi Son, pimpinan raksasa telekomunikasi Jepang, berencana melakukan investasi senilai USD 50 miliar atau setara Rp 671 triliun di AS yang akan menciptakan 50 ribu lapangan pekerjaan.

KATA KUNCI : , ,