Amerika

Trump minta semua Dubes era Obama mundur saat dirinya dilantik

14.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
08:33
07 JAN 2017
Donald Trump
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump memerintahkan kepada seluruh duta besar yang ditunjuk pada era kepemimpinan Barack Obama meninggalkan jabatannya ketika ia dilantik.

Mayoritas diplomat yang diwawancarai The New York Times mengatakan sangat masuk akal jika Dubes era Obama diminta untuk melepaskan posisi mereka, meski tidak secepat ini.

Departemen Luar Negeri AS sebelumnya meminta kepada Dubes yang dipilih secara politik menyerahkan surat pengunduran diri mereka paling lambat 20 Januari, atau bertepatan dengan pelantikan Trump, meskipun memiliki opsi untuk meminta perpanjangan.

Ronald E. Neumann, presiden Akademi Diplomasi Amerika, mengatakan: "Saya tak ingat pernah ada 'pemenggalan' pada Januari ketika 'semua orang diminta segera menceburkan diri ke dalam kolam.'"

Diplomat yang sangat familiar dengan situasi seperti ini mengatakan permintaan Trump yang dikirim melalui kabel diplomatik pada 23 Desember lalu itu cukup keras, dan dibuat "tanpa pengecualian".

Hal ini dapat membuat sejumlah negara tidak memiliki Dubes selama beberapa bulan dan membuat sekutu kebingungan dengan perubahan drastis dan tiba-tiba ini, demikian sebagaimana dikutip dari The Daily Beast.

KATA KUNCI : , , , , ,
Terbaru
12 Maret 2017 | 01:02
Hillary tampil dengan rambut baru
5 Maret 2017 | 02:20
Kata Trump, Obama menyadapnya
27 Februari 2017 | 19:20
Dukun se-Amerika santet Donald Trump