Amerika

FBI bantah klaim Trump soal penyadapan oleh Obama

4.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:08
06 MAR 2017
James Comey
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Direktur FBI membantah klaim Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengatakan bahwa Barack Obama menyadapnya jelang Pemilu. James Comey meminta Departemen Kehakiman AS menyanggah tuduhan Trump secara publik, The New York Times (NYT) melaporkan.

Trump Minggu (05/03) meminta Kongres membantunya menemukan bukti-bukti penyadapan Obama terhadap dirinya. Langkah itu mengandung risiko bagi Trump, terutama jika komisi intelijen DPR dan Senat menemukan informasi buruk tentang Trump, para pembantu atau rekanannya.

Dalam serangkaian cuitan di Twitter pada Sabtu, Trump menuduh Obama tanpa bukti bahwa pendahulunya itu memerintahkan penyadapan telepon di Trump Tower, markas kampanye sekaligus tempat tinggal Trump di New York, sebulan jelang Pemilu.

NYT melaporkan Direktur FBI James Comey merasa Departemen Kehakiman AS harus mengoreksi klaim presiden karena secara tidak langsung menuduh organisasi yang dipimpinnya telah melakukan pelanggaran hukum.

Mantan direktur FBI era Obama, James Clapper, juga membantah tuduhan Trump. Dalam wawancara di acara "Meet The Press" NBC, Clapper mengatakan "tidak ada kegiatan penyadapan seperti itu terhadap presiden, presiden terpilih saat itu, sebagai kandidat atau tim pemenangannya".

Clapper, yang lengser saat Trump dilantik pada 20 Januari, mengatakan dia pasti mengetahui perintah tersebut jika memang benar-benar ada. "Tentu saja, saya dapat membantahnya," katanya, dikutip dari Sky News.

KATA KUNCI : , , , , ,
Amerika