Amerika

Trump donasikan seluruh gajinya sebagai presiden

3.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
18:31
14 MAR 2017
Donald Trump. Foto: Reuters
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana mendonasikan seluruh gajinya selama setahun sebesar US$ 400 ribu atau setara Rp 5,35 miliar ke badan amal, kata juru bicara Gedung Putih.

Selama dua bulan menduduki kursi Gedung Putih, Trump mendapatkan gaji US$ 50 ribu. Sean Spicer, Senin (13/03), mengatakan uang tersebut akan disumbangkannya pada akhir tahun 2017.

Ketika ditanya tetang klaim Trump bahwa ia tak akan mengambil gajinya, Spicer mengatakan "rencananya saat ini adalah mendonasikan gajinya pada akhir tahun". Dia menambahkan Trump bahkan meminta awak media di Gedung Putih "membantunya menentukan ke mana uang tersebut akan disalurkan".

"Cara kami menghindari kecurigaan adalah dengan membiarkan awak media menentukan ke mana uang tersebut disalurkan," kata Spicer, dikutip dari ABC News. "Dia berjanji kepada rakyat Amerika, dia ingin mendonasikan (gajinya) ke badan amal dan dia akan senang jika Anda membantunya menentukan ke mana uang itu disalurkan."

Gaji presiden AS, yang dibayar setiap bulan, berjumlah total US$ 400 ribu setiap tahunnya sejak 2001.

Selama kampanye, Trump beberapa kali mengatakan dia tidak berencana mengambil gajinya sebagai presiden, kecuali satu dolar, batas minimum yang sah.

Di masa lalu, Herbert Hoover dan John F. Kennedy juga menyumbangkan gaji mereka sebagai presiden untuk amal.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
12 Maret 2017 | 01:02
Hillary tampil dengan rambut baru
5 Maret 2017 | 02:20
Kata Trump, Obama menyadapnya
Amerika