Amerika

Trump bayar pajak Rp 507 miliar pada 2005

4.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
20:43
15 MAR 2017
Dok. Miniatur patung Presiden Amerika Serikat Donald Trump terlihat di jendela sebuah toko baru di New York, Amerika Serikat. Foto: Reuters
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengeluarkan dana sebesar US$ 38 juta atau setara Rp 507,68 miliar dari penghasilan senilai US$ 153 juta pada 2005, menurut salinan surat pemberitahuan pajaknya yang pertama kali diungkap pada Selasa (14/03) malam waktu Amerika atau Rabu pagi WIB.

Surat pemberitahuan pajak sebanyak dua halaman yang diungkap ke publik oleh stasiun televisi MSNBC, juga menunjukkan bahwa Trump melakukan write off sebesar US$103 juta. Sumber penghasilan Trump tidak dirinci dalam laporan tersebut.

Gedung Putih mengatakan mempublikasikan surat pemberitahuan pajak merupakan tindakan melanggar hukum.

Surat pemberitahuan pajak Trump diungkap ke publik dalam sebuah acara yang dipandu Rachel Maddow. MSNBC mengatakan dokumen tersebut mereka dapatkan dari jurnalis pemenang penghargaan bergengsi bagi wartawan, Pulitzer, David Cay Johnston.

Johnston mengaku mendapatkan dokumen itu dari dalam kotak suratnya dan mengatakan tak tahu siapa yang mengirim dan mengapa. Dalam program MSNBC, Johnston mengatakan tidak memiliki informasi lebih lanjut mengenai identitas pengirim.

Meski menyadari bahwa membocorkan surat pemberitahuan pajak federal merupakan tindakan kriminal, Maddow mengatakan MSNBC hanya menggunakan haknya untuk mempublikasikan informasi demi kepentingan publik seperti tertulis dalam Amandemen Pertama Konstitusi AS.

Merespon tindakan MSNBC, Gedung Putih mengeluarkan pernyataan bahwa "ada orang-orang yang demikian semangat menaikkan peringkat stasiun televisinya dan bersedia melanggar hukum, hanya untuk menyiarkan laporan tentang dua halaman dokumen pajak yang sudah berumur lebih dari 10 tahun", dikutip dari VOA News.

Pada Rabu pagi, Trump juga merespon hal tersebut melalui Twitter dengan mengatakan: "Apakah ada yang percaya bahwa seorang wartawan, yang tak seorang pun pernah mendengar namanya, "berjalan ke kotak suratnya" dan menemukan surat pemberitahuan pajak saya? @NBCNews BERITA PALSU!"

Sponsored
The Money Fight

KATA KUNCI : , , , ,
Amerika