Amerika

Wanita Iran dengan visa resmi ditahan di Amerika

4.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:48
30 MAR 2017
Ilustrasi
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Theguardian

Rimanews - Pemerintah federal Amerika Serikat menangkap wanita Iran dan menjebloskannya ke penjara Oregon meski memiliki visa turis untuk mengunjungi keluarganya, menurut Serikat Kebebasan Sipil Amerika (ACLU).

Penahanan Alia Ghandi di bandara Portland menimbulkan kekhawatiran bahwa petugas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS (CBP) secara khusus menyasar turis yang berasal dari negara mayoritas Muslim meski pengadilan federal sudah membekukan kebijakan anti-Islam Presiden Donald Trump.

Ghandi (29) ditahan selama beberapa jam setelah mendarat di Portland pada Selasa (28/03) waktu Amerika. Dia kemudian dipindahkan ke penjara Oregon yang jaraknya 128 kilometer, menurut Mat dos Santos, direktur hukum ACLU Oregon.

"Itu peristiwa yang menakutkan," kata Dos Santos dalam wawancara pada Rabu, dikutip dari the Guardian. "Itu adalah cara memperlakukan orang lain yang tak dapat diterima semua orang, apalagi bagi seseorang yang datang ke sini menggunakan visa resmi dan tidak melakukan tindak kriminal."

Belum jelas alasan CBP melarang Ghandi masuk AS. Juru bicara CBP mengatakan, penahanannya tidak terkait dengan perintah eksekutif Trump yang melarang warga dari enam negara mayoritas Muslim, termasuk Iran, masuk melakukan perjalanan ke AS.

Ghandi berprofesi sebagai arsitek dan tinggal bersama orang tuanya di Iran. Dia berencana mengunjungi saudara perempuannya yang tinggal di Portland dan merupakan warga negara AS, menurut ACLU. Ghandi sempat berbicara dengan saudaranya melalui telepon sesaat setelah mendarat. Namun setelah ditahan, dia tak lagi dapat berkomunikasi dengan kerabat maupun pengacara, kata Dos Santos.

"Bayangkan Anda tiba di negara asing, ditahan selama berjam-jam di bandara untuk alasan yang tidak Anda ketahui, kemudian dipindahkan ke penjara yang jaraknya satu setengah jam dan dilarang berkomunikasi dengan keluarga Anda," ujar Dos Santos.

KATA KUNCI : , , , , ,
Terbaru
25 April 2017 | 11:32
Gempa 6,9 SR guncang Chile
31 Maret 2017 | 22:49
Daftar rumah mewah Donald Trump
Amerika