Amerika

Trump berang aibnya dibongkar mantan direktur FBI

4.4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
09:47
10 JUN 2017
Donald Trump. Foto: The New Yorker
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan orang-orang dekatnya kompak menyerang mantan direktur FBI James Comey yang menyampaikan testimoni di Senat sehari sebelumnya. Trump pun mengumpati Comey dengan sebutan "si pembocor" rahasia pemerintah.

Trump menyatakan, tidak pernah melarang penyelidikan kasus intervensi Rusia dalam Pemilu AS ketika berbicara dengan Comey di Gedung Putih sebelum memecatnya.

"Kemarin membuktikan tidak ada kolusi, tidak ada penghambatan," kata Trump saat jumpa pers bersama dengan Presiden Rumania Klaus Iohannis di Gedung Putih. "Dia (Comey) pembocor tetapi kami ingin kembali mengelola bangsa besar ini."

Dalam testimoninya di Senat, Comey terang-terangan telah diintervensi Trump untuk menghentikan penyelidikan kaitan mantan penasihat keamanan nasional Michael Flynn dengan Rusia. Comey juga menuduh Gedung Putih telah memfitnah dirinya dan FBI.

Untuk beberapa lama Trump bungkam setelah testimoni Comey itu, namun sehari kemudian dia tak sabar juga mengeluarkan cuitan. "Begitu banyak pernyataan palsu dan bohong, pembenaran total dan sempurna, dan WOW, Comey itu pembocor!" 

Pada testimoni sehari sebelumnya, Comey tidak mengungkapkan kaitan antara para penasihat Trump dengan intervensi Rusia pada Pemilu AS, demikian Reuters melaporkan.

Rusia sendiri membantah telah mengintervensi Pemilu AS, sedangkan Gedung Putih membantah adanya kolusi dengan Rusia.

KATA KUNCI : , , , , ,