Asia

Pesawat militer RRC provokasi Jepang dan Korsel

3.6K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
11:05
11 JAN 2017
Reporter
Muhammad Adam Isnan
Sumber
Rimanews

Rimanews - Pesawat tempur milik RRC melakukan provokasi dengan mengitari wilayah udara Laut China Selatan dan Laut Jepang yang berbatasan langsung dengan Jepang dan Korea Selatan. 

Para pejabat kementerian pertahanan Jepang mengatakan bahwa delapan jet tempur RRC terbang di atas Selat Tsushima di Jepang Barat pada Senin. Para pejabat mengatakan jet tempur dari pasukan angkatan udara Jepang telah meluncur merespons tindakan RRC tersebut.

Pejabat kementerian mengatakan pesawat militer RRC diantaranya enam H-6 Bomber, ditambah sebuah pesawat peringatan dini dan pesawat pengumpulan data intelijen. Demikian seperti dikutip Aljazeera, hari ini.

Mereka juga mengatakan pesawat-pesawat RRC itu menuju timur laut di atas perairan Laut Jepang, kemudian terbang kembali menuju Laut Cina Timur. Menyusul insiden tersebut, kementerian pertahanan Jepang mengatakan sedang menganalisa penerbangan untuk mengatahui tujuan mereka.

Kantor Berita Yonhap Korea Selatan sebelumnya melaporkan 10 pesawat RRC juga memasuki zona identifikasi pertahanan udara Korsel selama lima jam pada Senin 9 Januari. Provokasi itu mendorong Korsel untuk meluncurkan serangan mendadak jet tempur dan mengirim sinyal peringatan pada pesawat RRC.

Yonhap mengatakan pesawat-pesawat ini terbang dekat sebuah tempat bersejarah terletak di pesisir selatan pulau Jeju. Korsel menanggapinya dengan mengirim 10 jet tempur F-15 dan F-16 ke area tersebut.

Pada Januari tahun lalu, dua pesawat militer RRC terlihat terbang di atas Selat Tsushima dan pada Agustus lalu tiga pesawat juga terlihat mondar-mandir di area tersebut.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
22 Maret 2017 | 11:33
Korut kembali tembakkan rudal
14 Maret 2017 | 17:04
Malaysia deportasi 50 warga Korut
10 Maret 2017 | 11:17
Presiden Korsel resmi dimakzulkan
10 Maret 2017 | 09:51
Australia terancam kelangkaan gas
7 Maret 2017 | 09:27
Korut usir Dubes Malaysia
Asia