Asia

Hubungan memanas, Korut cegah warga Malaysia pulang

5.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
11:29
07 MAR 2017
Kim Jong-nam
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Theguardian

Rimanews - Korea Utara mencegah warga Malaysia pulang ke negara asalnya sementara waktu untuk memastikan keamanan penduduk dan diplomatnya di Malaysia di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara terkait kematian Kim Jong-nam.

Kementerian Luar Negeri Korut sudah memberitahukan alasan pencegahan ini ke kantor kedutaan besar Malaysia di Pyongyang. Kemenlu Korut berharap masalah ini dapat diselesaikan dengan cepat dan adil dalam rangka membangun hubungan bilateral dengan Malaysia, kantor berita Korut, KCNA, melaporkan, dikutip dari the Guardian hari ini.

Sementara itu, kepala polisi Malaysia mengatakan dua warga Korut yang buron terkait pembunuhan Kim bersembunyi di dalam kantor Kedubes Korut.

Kim, kakak ipar pemimpin Korut Kim Jong-un, tewas diracun saat hendak melakukan perjalanan dari Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur 2 ke Makau pada 13 Februari. Korut berulangkali mengolok-olok penyelidikan pembunuhan yang dilakukan otoritas Malaysia dan menuduh mereka berkomplot dengan negara-negara yang tidak suka terhadap Pyongyang.

Sebelumnya pada Sabtu, Malaysia memberikan status "persona non grata" kepada Duta Besar Korut Kang Chol dan memberinya waktu 48 jam untuk segera kembali ke negara asalnya. Korut membalas tindakan Malaysia dengan mengusir Dubes mereka, Mohamad Nizan Mohamad, pada Senin.

KATA KUNCI : , , , , ,
Terbaru
22 Mei 2017 | 17:03
3 pendaki tewas di Everest