Asia

Korut berlatih serang pangkalan militer AS di Jepang

3.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
13:22
07 MAR 2017
Dok. Peluncuran roket jarak jauh oleh Korea Utara. Foto: Reuters
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Peluncuran empat rudal balistik dilakukan Korea Utara sebagai latihan untuk menyerang secara langsung pangkalan militer Amerika Serikat di Jepang, media pemerintah KCNA melaporkan hari ini.

Keempat rudal balistik itu diluncurkan pada Senin pagi dari markas unit militer yang "bertugas menyerang pangkalan pasukan imperialis agresor AS di Jepang", kata KCNA dalam laporannya, dikutip dari The Washington Post. Pemimpin Korut Kim Jong-un memimpin langsung peluncuran tersebut.

AS memiliki beberapa pangkalan militer di Jepang, sebagai bentuk aliansi pasca-perang kedua negara.

Tiga dari empat rudal balistik yang ditembakkan Korut terbang sejauh 965 kilometer dan mendarat di laut, yang menurut Jepang merupakan zona ekonomi eksklusif (EEZ) mereka di semenanjung Oga, prefektur Akita, yang merupakan markas pasukan pertahanan. Sementara satu rudal lainnya mendarat di luar EEZ.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan pada Senin peluncuran tersebut "menunjukkan dengan jelas bahwa ancaman yang ditimbulkan Korut menyentuh level baru".

Komando Strategis AS mengatakan sistemnya mendeteksi dan melacak rudal yang ditembakkan Korut dan menegaskan bahwa hal itu tidak menimbulkan ancaman bagi Amerika Utara.

Korut tidak mengumumkan jenis rudal yang mereka tembakkan, namun para ahli menduganya sebagai rudal jarak menengah seperti Rodongs atau Scuds yang jaraknya sudah diperpanjang. Mereka masih menunggu gambar peluncuran dari media Korut untuk memberikan penilaian lebih lanjut.

KATA KUNCI : , , , , , ,
Terbaru
18 April 2017 | 22:02
Korut lanjutkan uji rudal
7 April 2017 | 08:15
PPB kecam peluncuran roket Korut
29 Maret 2017 | 05:37
Kamboja larang ekspor ASI