Asia

Diusir dari Malaysia, ini komentar Dubes Korut

6.4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
13:51
07 MAR 2017
Dok. Duta Besar Korea Utara untuk Malaysia Kang Chol berbicara dalam konferensi pers mengenai pembunuhan Kim Jong Nam, saudara laki-laki seayah dari pemimpin Korea Utara, di kedubes Korea Utara di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (20/2). Foto: Reuters/Athit Perawongmetha
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Duta Besar Korea Utara untuk Malaysia Kang Chol mengatakan tindakan Kuala Lumpur memberikan status "persona non grata" kepadanya dan mengusirnya akan merusak hubungan bilateral kedua negara yang sudah dibina selama 40 tahun.

"Saya meninggalkan negara ini hari ini karena pemerintah Malaysia telah menyatakan saya sebagai 'persona non grata' atas apa yang saya ucapkan pada konferensi pers 17 Februari," kata Kang kepada wartawan Senin (06/03), seperti dikutip New Straits Times.

"Saya mengungkapkan keprihatian mendalam saya atas langkah berlebihan yang diambil pemerintah Malaysia yang akan merusak hubungan bilateral yang sudah berumur 40 tahun," sambung dia.

Kang menegaskan, sebagai Dubes, dia berhak memberikan komentar yang membela negaranya yang tengah dibidik polisi Malaysia.

"Polisi (Malaysia) menggelar otopsi tanpa persetujuan dan kehadiran wakil kedutaan besar Korea Utara, dan kemudian menangkap seorang warga negara (Korut) tanpa bukti yang jelas atas keterlibatannya dalam insiden itu," sambung Kang, merujuk pada dugaan pembunuhan Kim Jong-nam di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur 2 pada 13 Februari.

Kang, istrinya dan cucunya menaiki Malaysia Airlines Penerbangan MH360 tujuan Beijing pada Senin pukul 18.25 waktu setempat, dengan tujuan akhir Pyongyang.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
22 Mei 2017 | 17:03
3 pendaki tewas di Everest