Asia

Najib pastikan warga Malaysia di Korut selamat

3.8K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
23:30
08 MAR 2017
Najib Razak. Foto: Reuters
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Perdana Menteri Malaysia Najib Razak memastikan warga Malaysia yang tidak diizinkan pulang dari Korea Utara dalam keadaan selamat.

"Alhamdulillah, saya difahamkan bahwa rakyat kita di Korea Utara berada dalam keadaan selamat dan mereka berupaya untuk menjalani kehidupan seperti biasa. Fokus pemerintah dalam isu ini tetap tidak akan berubah," tulis Najib di situs pribadinya, najibrazak.com, hari ini.

Dia mengatakan pemerintah akan berupaya maksimal untuk memastikan keselamatan warga Malaysia. "Saya ingin memberi jaminan bahwa pemerintah akan melakukan segala yang terbaik untuk memastikan rakyat kita terus selamat dan mereka dapat kembali ke Malaysia," katanya.

Najib juga menegaskan pemerintah Malaysia akan mengambil tindakan tegas terkait penyanderaan yang dilakukan pemerintah Korut. Malaysia juga tidak akan membiarkan warga Korut pulang untuk menjamin keselamatan warganya.

"Kita akan terus mengambil pendekatan yang tegas. Semalam, Majelis Keselamatan Negara telah membuat keputusan untuk tidak membenarkan rakyat Korea Utara untuk meninggalkan Malaysia. Ini adalah isu yang sensitif," katanya.

Dia mengatakan pemerintah akan mengambil pendekatan memastikan segala perundingan dan perbincangan dilakukan secara rahasia. 

"Apa yang saya boleh disampaikan saat ini adalah pemerintah sedang mengenal pasti dan meneliti kehendak Korea Utara yang sebenarnya dalam menahan rakyat kita," katanya.

Najib menegaskan dirinya tidak berencana memutuskan hubungan diplomatik antara Malaysia dan Korut karena membutuhkan saluran negosiasi untuk mencari jalan keluar.

"Malaysia akan terus memantau perkembangan sebelum mempertimbangkan untuk membangkitkan isu ini kepada PBB. Insya Allah, konflik ini akan dapat diselesaikan dan rakyat kita yang ditahan dapat pulang ke tanah air dengan selamat," katanya.

KATA KUNCI : , , , , ,
Terbaru
22 Mei 2017 | 17:03
3 pendaki tewas di Everest