Asia

Presiden Korsel resmi dimakzulkan

3.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
11:17
10 MAR 2017
Dok. Warga Korea Selatan menyaksikan konferensi pers mantan presiden Park Geun-hye melalui televisi. Foto: Reuters
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
BBC

Rimanews - Presiden Korea Selatan Park Geun-hye resmi dimakzulkan oleh pengadilan hari ini. Ini merupakan pemakzulan presiden pertama sepanjang sejarah Korsel.

Hakim menguatkan keputusan parlemen memakzulkan presiden wanita pertama Korsel itu karena terlibat skandal korupsi yang menyeret taman dekatnya, Choi Soon-sil, dikutip dari BBC.

Pemakzulan Park berarti Korsel harus segera melakukan pemilihan untuk menunjuk presiden baru awal Mei mendatang. Dia juga kehilangan hak kebal hukumnya dan kini dapat diseret ke meja hijau.

Park ditangguhkan dari tanggung jawabnya sebagai presiden sejak Desember, dan tugas-tugasnya dilakukan oleh Perdana Menteri Korsel Hwang Kyo-ahn.

Choi sudah didakwa melakukan suap dan korupsi atas dugaan pemerasan terhadap sejumlah perusahaan besar untuk memberikan sumbangan ke yayasannya, dan sebagai imbalannya mendapatkan bantuan dari pemerintah. Park dituduh berkolusi dengan Choi.

Kedua wanita itu membantah melakukan korupsi.

Massa berkumpul di depan pengadilan untuk mendengarkan putusan final drama yang menyebabkan demonstrasi besar di sejumlah kota di Korsel, khususnya di ibu kota Seoul.

Pengadilan memutuskan bahwa Park membocorkan banyak dokumen rahasia pemerintahan, dan melanggar hukum karena membiarkan Choi ikut campur dalam urusan kenegaraan, kantor berita Korsel, Yonhap, melaporkan.

Terbaru
22 Maret 2017 | 11:33
Korut kembali tembakkan rudal
14 Maret 2017 | 17:04
Malaysia deportasi 50 warga Korut
10 Maret 2017 | 11:17
Presiden Korsel resmi dimakzulkan
10 Maret 2017 | 09:51
Australia terancam kelangkaan gas
7 Maret 2017 | 09:27
Korut usir Dubes Malaysia