Asia

Korut berusaha jual bahan pembuatan bom nuklir

3.6K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
15:19
10 MAR 2017
Kim Jong-un. Foto: Reuters
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Foxnews

Rimanews - Korea Utara berusaha menjual logam lithium, salah satu bahan utama untuk mengembangkan senjata nuklir kecil, kepada pembeli internasional yang tidak berhasil diidentifikasi, kata penyelidik PBB yang melacak program pemusnah massal Kim Jong-un.

"Laporan panel ahli PBB tentang Korea Utara memberikan bukti lebih lanjut bahwa Korea Utara tidak akan menghentikan program nuklir dan rudal terlarangnya," kata Senator Amerika Serikat Cory Gardner, yang menulis rancangan sanksi baru bagi Korut tahun lalu, dikutip dari Fox News hari ini.

Produksi lithium Korut, yang dikenal dengan lithium-6, dianggap ahli nuklir sebagai bukti bahwa Kim tengah berupaya mempercepat upaya pengembangan senjata nuklir kecil yang dapat dipasang pada rudal balistik antarbenua.

Lithium-6 dapat digunakan untuk memproduksi tritium, yang digunakan untuk membanjiri perangkat nuklir dengan neutron dan memperbesar daya ledaknya, sehingga memungkinkan pengembangan bom dengan hanya sedikit plutonium atau uranium, kata ahli nuklir.

"Lithium-6 ideal, bukan hanya untuk menciptakan tritium ... tapi juga memberikan daya kepada senjata canggih secara langsung, termasuk bom termonuklir," kata Henry Sokolski, mantan pejabat Pentagon yang mengepalai think tank Pusat Pendidikan Kebijakan Penghapusan Senjata Nuklir di Washington.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
22 Maret 2017 | 11:33
Korut kembali tembakkan rudal
14 Maret 2017 | 17:04
Malaysia deportasi 50 warga Korut
10 Maret 2017 | 11:17
Presiden Korsel resmi dimakzulkan
10 Maret 2017 | 09:51
Australia terancam kelangkaan gas
7 Maret 2017 | 09:27
Korut usir Dubes Malaysia