Asia

Malaysia deportasi 50 warga Korut

3.8K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:04
14 MAR 2017
Kim Jong-nam
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Malaysia mengatakan akan mendeportasi 50 warga Korea Utara di Sarawak karena izin tinggal mereka sudah melewati batas meski negara tersebut melarang warga Korut pulang terkait kematian Kim Jong-nam di Kuala Lumpur bulan lalu.

"Keputusan mendeportasi warga Korea Utara ini ditempuh sejalan dengan aturan yang telah dibuat," kata Wakil Perdana Menteri Malaysia Zahid Hamidi, hari ini, dikutip dari New Straits Times. "(Mereka) kini ditempatkan di depot tahanan sementara di Sarawak. Setelah (proses) dokumentasi rampung, kami akan mulai deportasi."

Zahid mengatakan pemerintah negara bagian Sarawak mesti diberitahu soal keputusan itu karena kebijakan soal imigrasi di negara bagian itu berbeda dari UU Imigrasi di pusat. Dia juga mengatakan ke-50 warga Korut yang visanya masih berlaku tidak akan dideportasi.

Saat ini ada sekitar 170 warga Korut di Sarawak yang kebanyakan memiliki spesialisasi dalam pertambangan batu bara dan listrik.

Sebelumnya, Kuala Lumpur memutuskan melarang warga Korut pulang ke negara asal mereka setelah Pyongyang melakukan hal serupa terhadap warga Malaysia. Hubungan kedua negara memanas setelah kakak tiri pemimpin Korut Kim Jong-un diduga dibunuh di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur 2 pada 13 Februari.

Kim Jong-nam diduga dibunuh menggunakan racun terlarang VX. Malaysia tidak secara langsung menyebut Korut terlibat dalam pembunuhan Kim, tapi Korea Selatan sangat yakin Pyongyang terlibat.

Terbaru
22 Mei 2017 | 17:03
3 pendaki tewas di Everest