Asia

Cina berharap Laut Cina Selatan tetap stabil

2.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
22:02
15 MAR 2017
Dok. Cina memasang radar di Cuarteron Reef di Spratly Islands, Laut Cina Selatan. Foto: Reuters
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Perdana Menteri Cina Li Keqiang mengatakan, negaranya berharap perdamaian dan stabilitas di Laut Cina Selatan dapat dipertahankan dengan mendorong negosiasi kode etik bagi para pengklaim perairan sengketa itu.

Selama ini, Cina sangat agresif mengklaim sepihak hampir seluruh wilayah Laut Cina Selatan dengan mengerahkan kekuatan militer mereka di perairan ini, bahkan membangun pulau-pulau buatan dan pangkalan. Cina membantah semua itu dan empat negara ASEAN harus menghadapi klaim sepihak mereka sendiri-sendiri. 

Dalam konferensi pers pertemuan tahunan parlemen Cina hari ini, Li juga mengungkapkan harapannya agar kawasan Asia Pasifik tetap stabil.

Pada Febuari, tiga kapal perang Cina menyelesaikan latihan di Laut Cina Selatan, tak lama setelah kapal induk mereka satu-satunya, Liaoning, menguji senjata di perairan itu, Xinhua melaporkan.

Armada kapal perang, termasuk kapal tipe perusak yang dapat meluncurkan peluru kendali, lalu berlayar ke timur Samudera India dan Pasifik Barat setelah melakukan latihan, tambah Xinhua.

Latihan kapal Cina, khususnya Liaoning, dalam beberapa bulan terakhir meresahkan negara-negara tetangga, terutama negara yang terlibat sengketa teritorial di Laut Cina Selatan sejak lama.

Cina mengklaim sebagian besar wilayah Laut Cina Selatan, yang juga diklalim Taiwan, Malaysia, Vietnam, Filipina dan Brunei. Laut Cina Selatan merupakan jalur laut strategis dan kaya akan sumber daya alam.

Amerika Serikat berulangkali mengkritik Cina atas pembangunan pulau buatan dan fasilitas militer di Laut Cina Selatan, tapi Beijing bergeming.

Terbaru
22 Maret 2017 | 11:33
Korut kembali tembakkan rudal
14 Maret 2017 | 17:04
Malaysia deportasi 50 warga Korut
10 Maret 2017 | 11:17
Presiden Korsel resmi dimakzulkan
10 Maret 2017 | 09:51
Australia terancam kelangkaan gas
7 Maret 2017 | 09:27
Korut usir Dubes Malaysia