Asia

Dua tewas, puluhan ribu orang terjebak banjir Australia

5.6K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
22:44
01 APR 2017
Editor
Sumber
Antara

Rimanews - Dua orang tewas, dan puluhan ribu warga Australia terdampar oleh banjir pada Sabtu waktu setempat. Banjir terjadi setelah sisa topan kuat menyapu sepanjang pantai timur negara itu, memotong jalan dan menghancurkan jembatan. 

Daerah bencana dari topan Debbie itu membentang 1.000 km dari loka wisata pulau tropika negara bagian Queensland dan daerah wisata Gold Coast hingga tanah pertanian di negara bagian New South Wales, dengan lebih dari 100 ribu rumah kehilangan listrik.

Menurut Kantor Meteorologi, enam sungai besar mencapai tingkat tertinggi banjir besar dan masih meningkat di beberapa daerah.

Sirene banjir terdengar di beberapa kota, membuat warga terdampar naik ke atap rumah tergenang untuk menunggu penyelamatan, tapi gerak cepat air dan angin kencang menghambat awak darurat mencapai beberapa daerah.

Polisi menyatakan, menemukan mayat dua perempuan dari banjir pada Jumat, kematian pertama yang dilaporkan sejak topan Debbie menerjang pada Selasa. Satu ditemukan di lahan berlumpur dan yang lain diangkat polisi penyelam dari mobil tersangkut jembatan banjir.

Pihak berwenang mengkhawatirkan lebih banyak orang tewas semalam akibat banjir terus meningkat.

Topan Debbie, badai kategori empat, kurang satu dari yang paling kuat, tingkat lima, menerjang negara bagian Queensland pada Selasa, menghantam loka wisata, memutus aliran daya dan menutup tambang batu bara.

Debbie akan memukul perekonomian Australia senilai 1,7 triliun (USD1,3 triliun), dengan ekonom memperkirakan itu akan memperlambat pertumbuhan hingga di bawah dua persen pada catur wulan pertama ini.

Di cekungan Bowen, satu-satunya sumber terbesar batu bara di dunia, yang digunakan dalam pembuatan baja, Glencore mengatakan tambangnya tidak rusak akibat badai itu tapi berproduksi kembali tergantung pada pembukaan kembali hubungan kereta api.

Tiga dari empat jalur kereta api kelolaan Aurizon di wilayah tersebut ditutup dan BHP menghitung sejauh mana gangguan pengiriman.

Asuransi terkemuka Queensland, Suncorp Group Ltd dan RACQ, mengatakan, terlalu dini untuk menghitung kerusakan tersebut.

KATA KUNCI : , , ,
Terbaru
5 Juni 2017 | 18:33
AS desak Cina kendalikan Korut
2 Juni 2017 | 15:22
Dubai kerahkan robot polisi
31 Mei 2017 | 16:08
Korban bom Kabul jadi 80 orang
Asia