Asia

2 tewas dan 6 hilang akibat banjir di Australia timur

5.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
23:49
03 APR 2017
Tiga kendaraan terjebak di sebuah jalan raya yang tergenang banjir setelah Topan Debbie melewati daerah dekat kota kecil Gunyarra, kota Bowen, Queensland, Australia, Kamis (30/3). Foto: Australia Defence Force
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Sedikitnya dua orang dikonfirmasi tewas sementara enam lainnya masih hilang, setelah Topan Debbie mengakibatkan banjir besar di Australia timur.

Tiga orang masih belum ditemukan di negara bagian Queensland dan tiga lainnya, termasuk satu anak kecil, dikhawatirkan tewas setelah mobil mereka hanyut terseret banjir di dekat Sungai Tweed di bagian utara New South Wales, Xinhua melaporkan.

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull, bersama Perdana Menteri Negara Bagian New South Wales Gladys Berejiklian hari ini, memeriksa kerusakan akibat Topan Debbie, yang sebelumnya menjadi topan tropis.

Meskipun berada sekitar 1.500 kilometer dari inti Topan Debbie, Kota Praja Lismore di pantai utara New South Wales telah diguyur hujan dan direndam banjir akibat sistem topan yang menghancurkan tersebut.

Ketika air Sungai Wilsons mencapai puncaknya pada ketinggian 11,6 meter pada Jumat, air mulai menjebol tanggulnya sehingga merusak lebih dari 3.000 rumah dan tempat usaha di permukiman.

Banjir juga memutus ruas jalan di daerah itu, sehingga truk pasokan tak mungkin membawa bantuan ke kota kecil tersebut pada akhir pekan.

"Kita telah menyaksikan alam menimbulkan akibat terburuk buat warga Australia, tapi itu selalu menghasilkan yang terbaik di Australia," kata Turnbull kepada wartawan, sebagaimana dikutip Xinhua. "Ini adalah kota yang kuat. Kota ini telah menghadapi banjir sebelumnya dan pulih."

"Ada dukungan penuh buat wilayah seperti ini, yang mulai pulih," kata Turnbull.

Turnbull juga memuji petugas dinas darurat, yang telah menanggapi 2.600 panggilan dan melakukan 480 pertolongan banjir.

Pada Senin pagi, seorang ibu dan dua anaknya diselamatkan dari atap rumah mereka, sementara atap rumah itu dihanyutkan air di dekat Sungai Albert di Gold Coast.

Peristiwa dramatis itu memperlihatkan rumah tersebur ditelan air hanya beberapa menit setelah operasi penyelamatan.

Wali Kota Lismore Isaac Smith mengatakan kepada wartawan, "Itu adalah pekerjaan sangat besar. Itu memerlukan banyak koordinasi dan, benar, kami belum pernah mengerjakan kegiatan dengan skala seperti ini."

Menurut Berejiklian, kerusakan akibat Topan Debbie mencapai "jutaan dolar". Ia mengatakan, "Dalam hubungan dengan total biaya ... kami memperkirakannya berjumlah miliaran dolar."

Di sebelah utara perbatasan, Kota Rockhampton di bagian tengah Negara Bagian Queensland sekarang bersiap menghadapi banjir besar.

Sungai Fitzroy di daerah tersebut sudah mencapai puncaknya pada ketinggian sembilan meter, sementara hujan diperkirakan turun lagi pada Rabu.

Bandar udara di kota itu telah ditutup dan sebanyak 3.000 rumah dikhawatirkan hilang.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
5 Juni 2017 | 18:33
AS desak Cina kendalikan Korut
2 Juni 2017 | 15:22
Dubai kerahkan robot polisi
31 Mei 2017 | 16:08
Korban bom Kabul jadi 80 orang
Asia