Asia

Korea Utara pamerkan rudal balistik di pameran militer

8K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
20:50
15 APR 2017
Pemimpin Korea Utara Kom Jong Un
Editor
Dede Suryana
Sumber
Antara

Rimanews - Korea Utara memamerkan rudal balistik kapal selamnya untuk pertama kali dalam parade militer besar Sabtu di ibu kotanya, Pyongyang.

TV pemerintah menunjukkan gambar-gambar rudal balistik kapal selam Pukkuksong-2 menanti giliran tampil di depan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, seperti dilaporkan kantor berita Reuters.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, juga mewartakan hadirnya rudal balistik kapal selam dalam parade militer skala besar di Pyongyang, menyebutnya sebagai kali pertama negara komunis itu mengungkap ke publik senjata baru yang sedang dikembangkan.

Korea Utara menggelar parade militer besar untuk menandai ulang tahun ke-105 mendiang pendiri negara Kim Il-sung.

Diapit para pejabat senior militer dan partai, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menginspeksi parade di lapangan yang dinamai seperti kakeknya di Pyongyang menurut siaran langsung yang ditayangkan TV pemerintah.

Mengenakan setelah hitam, Kim membalas hormat dari para tentara yang berbaris di lapangan. Dia tidak menyampaikan pidato.

"Alat pertahanan paling kuat dan paling canggih dengan gaya kita berbaris untuk mengakhiri supremasi militer yang diklaim para imperialis," kata Korean Central TV Broadcasting Station dalam siarannya yang dikutip Yonhap. 

Korea Utara juga mengingatkan Amerika Serikat untuk mengakhiri "histeria militernya" atau menghadapi pembalasan sementara kelompok kapal induk Amerika Serikat bergerak menuju kawasan itu dan Korea Utara menandai perayaan ulang tahun kelahiran pendirinya.

Terbaru
22 Mei 2017 | 17:03
3 pendaki tewas di Everest