Asia

Ahmadinejad dicoret dari daftar calon Presiden Iran

3.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
13:18
21 APR 2017
Dok. Ahmadinejad bersama mantan Presiden SBY (Foto: Antara)
Reporter
Dede Suryana
Sumber
Rimanews

Rimanews - Mantan Presiden Mahmoud Ahmadinejad didiskualifikasi dari pencalonan kembali dirinya dalam pilpres Iran, tahun ini.

Televisi pemerintah Iran hari Kamis waktu setempat atau Jumat waktu Indonesia mengatakan, badan yang bertugas untuk memeriksa para calon telah mendiskualifikasi mantan Presiden Mahmoud Ahmadinejad untuk mencalonkan diri dalam pemilu presiden bulan depan.

Menurut televisi itu, Kementrian Dalam Negeri mengatakan bahwa Presiden Hassan Rouhani telah disetujui untuk mencalonkan diri kembali bersama ulama garis keras Ebrahim Raisi, yang dianggap dekat dengan pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Ahmadinejad merupakan tokoh yang masih dipertentangkan, bahkan diantara penganut garis keras Iran. Dia telah mengejutkan negara itu dengan mendaftar sebagai calon minggu lalu.

Khamenei, pembuat keputusan tertinggi Iran sebelumnya mendesak Ahmadinejad agar tidak mencalonkan diri, demikian diberitakan laman VoA Indonesia.

Ahmadinejad menjadi presiden dari tahun 2005 sampai 2013 dan dikenal di luar negeri karena retorikanya yang berapi-api terhadap Israel, pertanyaannya mengenai skala Holocaust dan upayanya untuk meningkatkan program nuklir Iran. 

Terbaru
18 April 2017 | 22:02
Korut lanjutkan uji rudal
7 April 2017 | 08:15
PPB kecam peluncuran roket Korut