Asia

Singapura kirim kapal perang ke China

7K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
08:05
24 APR 2017
Kapal fregat Singapore
Editor
Andika Pratama
Sumber
Antara

Rimanews - Pemerintah Singapura mengirimkan satu unit kapal perangnya ke Kota Qingdao, China, untuk mengikuti latihan perang bersama selama empat hari.

Kedatangan kapal jenis perusak kawal peluru kendali RSS Intrepid disambut oleh Komando Armada Utara Angkatan Laut Kemerdekaan Rakyat China (PLA) melalui upacara militer, demikian laporan media resmi setempat, Senin (24/4/2017).

Saat memasuki wilayah perairan Qingdao, Minggu (23/4), kapal fregat yang diawaki 141 personel Angkatan Laut Singapura itu disambut kapal perang China, Yancheng.

Dalam kunjungan tersebut, RSS Intrepid dan Yancheng akan melakkukan latihan perang bersama dengan konsentrasi pada subjek sederhana seperti praktik komunikasi di lapangan dan formasi manuver.

Armada Angkatan Laut China dalam beberapa waktu terakhir berkonsentrasi penuh di perairan Laut China Selatan yang disengketakan sejumlah negara.

Baru-baru ini telah terjadi insiden pengusiran dua pesawat Filipina yang membawa menteri pertahanan dan panglima militer negara itu oleh militer China.

Insiden tersebut terjadi di dekat Subi Reef, Kepulauan Spratly, wilayah yang disengketakan China dan Filipina.

Di antara beberapa negara sengketa, Singapura bukan termasuk salah satunya. 

Sementara itu, kapal selam China, Jiaolong, melakukan simulasi di perairan Sanya, Provinsi Hainan, Sabtu (22/4), untuk persiapan melakukan patroli di Laut China Selatan.

Kapal selam berawak itu berada di dalam air selama 18 menit sebelum kembali ke kapal induk Xiangyanghong 09.

Keberadaan kapal selam di dalam air itu untuk melakukan serangkaian tugas pelatihan para awak. 

Penyelaman Jiaolong di Laut China Selatan merupakan bagian dari tahap kedua ekspedisi ilmu pengetahuan bahari China ke-38. Ekspedisi itu akan berakhir sekitar empat bulan lagi, demikian laporan Global Times.

Sebelumnya kapal selam Jiaolong telah menyelesaikan operasi di bawah laut wilayah barat daya Samudera Hindia pada tahap pertama ekspedisi tersebut awal tahun ini. Pada tahap ketiga akan digelar di Yap Trench dan Mariana Trench.

Jiaolong pernah mencapai kedalaman 7.062 meter di perairan Mariana Trench, Laut China Selatan, pada bulan Juni 2012. 

Terbaru
22 Mei 2017 | 17:03
3 pendaki tewas di Everest
Asia