Asia

Cina perkenalkan kapal induk buatan sendiri

5.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:32
26 APR 2017
Kapal induk buatan Cina. Foto: ABC News
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Cina meluncurkan kapal induk pertama buatan dalam negeri, yang akan bergabung dengan "Liaoning", kapal induk bekas buatan Rusia.

Peluncuran tersebut dilakukan hari ini, di tengah meningkatnya ketegangan di Korea Utara dan kekhawatiran tentang ketegasan Beijing di Laut Cina Selatan.

Media pemerintah mengutip pakar militer, mengatakan bahwa kapal induk tersebut, yang dirancang di Cina dan dibangun di pelabuhan Dalian, diperkirakan tidak akan bertugas penuh hingga 2020 karena masih dibutuhkan waktu untuk melengkapi dan mempersenjatainya.

Peluncuran tersebut menarik perhatian karena pengamat militer asing dan media Cina selama berbulan-bulan menerbitkan citra satelit, foto, dan berita tentang perkembangan kapal induk kedua negara tersebut. Cina memastikan keberadaan kapal induk kedua tersebut pada akhir 2015.

Kantor berita Xinhua menyampaikan, lambung kapal induk tersebut sudah dibangun sepenuhnya, kemudian mekanisme pendorong, tenaga dan pranata utama lainnya telah dipasang.

Peluncuran kapal induk tersebut menunjukkan desain dan konstruksi kapal induk dalam negeri telah mencapai hasil memuaskan selangkah demi selangkah, sebagaimana dikutip dari Xinhua.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
5 Juni 2017 | 18:33
AS desak Cina kendalikan Korut
2 Juni 2017 | 15:22
Dubai kerahkan robot polisi
31 Mei 2017 | 16:08
Korban bom Kabul jadi 80 orang
Asia