Asia

India bangun 10 reaktor nuklir buatan dalam negeri

2.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:46
18 MEI 2017
Dok. Reaktor nuklir. Foto: Reuters
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - India berencana membangun 10 reaktor air bertekanan (PWR) secara mandiri untuk meningkatkan kapasitas tenaga nuklir mereka.

India merupakan salah satu negara konsumen listrik terbesar di dunia, dan sebagian besar pembangkit listrik di negara tersebut berbahan bakar batubara.

Perdana Menteri Narendra Modi menyetujui rencana pembangunan PWR dengan kapasitas secara keseluruhan 7.000 Megawatt. Saat ini, India mengoperasikan 22 pembangkit listrik tenaga nuklir dengan kapasitas 6.780 MW.

“Kapasitas sebesar 7.000 MW akan ditambahkan. Itu akan membantu memproduksi energi bersih,” kata Menteri Energi Piyush Goyal dalam konferensi pers, Rabu (17/05/2017).

Rencana unit nuklir itu akan menghasilkan bisnis senilai 700 miliar rupe atau sekitar Rp145 triliun dan menciptakan lebih dari 33 ribu lapangan kerja, kata pemerintah.

Namun, mereka tidak merinci di mana unit bisnis tersebut akan dibangun atau berapa lama waktu yang diperlukan sampai bisa beroperasi.

Reaktor buatan dalam negeri itu akan dibangun di bawah inisiatif ambisius "Make in India" alias "Buatan India", di mana pemerintah mengatakan hal itu akan meningkatkan kemampuan produksi nuklir India.

Saat ini India mengoperasikan tujuh pabrik nuklir, hampir semua buatan Rusia atau AS.

Secara keseluruhan, India adalah negara ketiga terbesar produsen listrik dan konsumen terbesar keempat dengan kapasitas terpasang 329 GigaWatt,67 persen di antaranya berasal dari energi yang tak terbarukan seperti batu bara.

Negara itu mencanangkan target baru untuk meningkatkan generasi sumber energi listrik terbarukan termasuk menambah tenaga listrik energi surya 100.000 MegaWatt pada 2022, AFP.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
22 Mei 2017 | 17:03
3 pendaki tewas di Everest
Asia