Asia

Dosen dan CEO dapat ajukan visa 457 Australia

8.6K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
21:04
02 JUL 2017
Ilustrasi
Reporter
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - CEO dan dosen kini dapat mengajukan visa 457 bagi pekerja terampil yang memungkinkan mereka tinggal selama empat tahun di Australia sehingga memiliki kesempatan mendapatkan izin tinggal permanen.

Beberapa sektor sebelumnya mengeluhkan rencana pemerintah yang hanya akan memberikan visa sementara selama dua tahun kepada pekerja terampil, yang dikhawatirkan merugikan industri mereka. Keputusan pemerintah Australia mengubah rencana tersebut disambut baik sejumlah pihak karena diyakini akan melindungi pekerja lokal dan memberikan kesempatan bagi perusahaan merekrut pekerja asing terampil.

Kepala eksekutif Universities Australia, Belinda Robinson mengatakan, "isu utama" yang diangkatnya dengan pemerintah telah ditangani.

"Penelitian adalah usaha global," katanya. "Sama seperti periset Australia yang membutuhkan perjalanan ke luar negeri untuk jangka waktu tertentu guna mengembangkan kapabilitas dan kemampuan dalam meneliti, kita juga harus dapat memberikan kesempatan yang sama bagi peneliti yang ingin datang ke Australia."

Dewan Bisnis Australia juga mengatakan bahwa perubahan tersebut merupakan pendekatan yang lebih masuk akal.

“Daftar pekerjaan ini terkait dengan peran yang sangat khusus yang membawa keahlian dan pengalaman global ke Australia untuk memberi manfaat bagi kita semua melalui ketrampilan dan transfer informasi," kata Direktur Eksekutif Dewan Bisnis Australia, Jennifer Westacott dalam sebuah pernyataan.

Namun, Westacott mengatakan lembaganya masih mengkhawatirkan soal bagaimana perusahaan akan mengisi peran khusus di sektor keuangan dan teknologi informasi (TI).

Asosiasi Pertambangan dan Logam Australia juga mendapat tanggapan beragam terhadap daftar yang direvisi, memperingatkan bahwa lahan pekerjaan warga Australia akan tetap hilang.

Dalam sebuah pernyataan, Direktur eksekutif Asosiasi Pertambangan dan Logam Australia, Steve Knott mengatakan bahwa dirinya senang pemerintah telah mendengarkan kekhawatiran industri tentang pentingnya migrasi terampil untuk sektor insinyur kimia, metallurgists, manajer produksi pertambangan dan pilot helikopter.

"AMMA telah sangat kuat melobi Pemerintah untuk memastikan pemerintah memahami dampak dari perubahan 23 prioritas pekerjaan, yang beberapa di antaranya telah didengarkan," kata Knott.

"Sangat mengecewakan bahwa pekerjaan seperti pengebor dan banyak peran penting untuk operasi maritim telah dihapuskan."

Dia mengatakan asosiasi tersebut akan terus melobi pemerintah untuk pekerjaan-pekerjaan yang bersifat luar biasa tersebut.

Kelompok-kelompok pekerjaan seperti pengebor dan operasional di kelautan telah dikeluarkan dari daftar pekerjaan yang memenuhi syarat termasuk agen real estat, tutor universitas dan psikoterapis.

Menteri Imigrasi, Peter Dutton mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan konsultasi secara menyeluruh ekstensif dengan industri untuk memastikan daftar revisi tersebut mencerminkan kekurangan keterampilan di pasar tenaga kerja.

"Pemerintah menyadari pentingnya memungkinkan bisnis Australia memanfaatkan bakat global untuk tetap mampu bersaing secara internasional dan mendukung agenda sains dan inovasi nasional yang kuat," kata Dutton.

Semua pemohon visa sekarang diminta untuk menjalani pemeriksaan catatan kriminalitas.

Pengecualian kewajiban menjalani uji kemampuan bahasa Inggris untuk pemohon visa pekerja subkelas dengan gaji di atas $96.400 atau sekitar Rp987 juta juga telah dibatalkan, kecuali bagi karyawan yang dipindahkan bekerja di cabang mereka di Australia oleh perusahaan asing yang menjadi perusahaan induknya, demikian sebagaimana dikutip dari Australia Plus.

KATA KUNCI : , , , , ,
Terbaru
Asia