Eropa

Wanita Muslim akan jadi perdana menteri Rumania

3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
06:51
23 DES 2016
Sevil Shhaideh
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Independent

Rimanews - Rumania akan dipimpin oleh seorang perdana menteri Muslim dan wanita pertama sepanjang sejarah setelah Partai Demokrat Sosial (PSD) berhasil memenangkan pemilu.

PSD, yang dipimpin Liviu Dragnea, meraih 45 persen suara dalam pemilu 11 Desember lalu, atau dua kali lebih banyak dari suara partai-partai lain. Biasanya, posisi perdana menteri akan ditempati oleh pemimpin partai. Namun, Dragnea telah dinyatakan bersalah atas kasus kecurangan dalam pemilu dan dijatuhi hukuman percobaan selama dua tahun.

Meski Dragnea (54) tidak dilarang untuk tetap berkecimpung dalam dunia politik, Presiden Klaus Iohannis terpilih karena sikap anti-korupsinya dan melarang setiap orang yang memiliki catatan kriminal untuk menjabat perdana menteri. Hal ini membuat PSD mencari pemimpin alternatif dan ditunjuklah Sevil Shhaideh, teknokrat 52 tahun yang dalam enam bulan terakhir memimpin departemen pengembangan regional dan sudah lama menjadi rekan Dragnea.

"Dragnea menominasikan seorang yang loyal," kata profesor ilmu politik Rumania, Sergiu Miscoiu, kepada Reuters, dikutip dari Independent hari ini. "(Sehingga) pemerintahan akan tetap dikontrol oleh Dragnea."

Dan, Dragnea juga blakblakan mengenai hal tersebut ketika berbicara kepada wartawan. "Tanggung jawab politik tetap ada pada saya," tegasnya.

Jika disetujui oleh parlemen, Shhaideh akan menjadi perdana menteri Muslim pertama di Rumania, yang hanya memiliki 0,3 persen populasi Muslim. Dia memiliki suami berkebangsaan Suriah.

Terbaru
14 Februari 2017 | 15:09
Pegunungan Alpen longsor, 4 tewas
11 Februari 2017 | 12:14
Turki adakan referendum 16 April
11 Februari 2017 | 09:27
Turki sita heroin senilai US$ 4,1 juta
Eropa