Eropa

Natal tersandera materialisme, kata Paus

3.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:28
25 DES 2016
Paus Fransiskus
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Theguardian

Rimanews - Paus Fransiskus mengatakan Natal tersandera materialisme karena banyak manusia yang sudah mengesampingkan Tuhan dalam kehidupan mereka.

"Jika ingin merayakan Natal sesungguhnya, kita harus merenungkan kalimat ini: Tuhan selalu ada di tiap kehidupan kita," kata Paus dalam acara misa yang dihadiri 10 ribu orang, termasuk kardinal dan uskup, di Basilika St. Peter di Vatikan.

Paus menambahkan, negara-negara maju harus diingatkan bahwa makna Natal adalah kerendahan hati, kesederhanaan, dan misteri, bukan berfoya-foya dengan membeli berbagai macam hadiah, makanan dan segala sesuatu yang terkait dengan diri sendiri.

"Kelahiran Yesus disangkal oleh beberapa pihak dan diabaikan oleh yang lainnya," jelas Paus. "Hari ini, sikap tidak peduli semacam itu dapat kembali terjadi jika Natal hanya perayaan belaka sehingga rasa syukur terhadap Tuhan dikesampingkan. Kita sibuk membeli hadiah, tapi abai terhadap mereka yang terpinggirkan."

Dia kemudian menambahkan: "Keduniawian telah menyandera Natal, (sehingga) harus dibebaskan."

Di luar basilika, ribuan orang yang tak dapat masuk menyaksikan pidato Paus melalui video.

"Mari pikirkan nasib anak-anak yang tak dapat lahir ke dunia, yang menangis karena kelaparan, (dan) yang tidak memegang mainan, tapi senjata," kata Paus.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
16 April 2017 | 11:04
Turki gelar referendum hari ini
8 April 2017 | 15:00
PBB kecam serangan Stockholm