Eropa

Penemuan bom 1,8 ton di Jerman paksa ribuan orang mengungsi

7.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
23:46
25 DES 2016
Bom blockbuster
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Theguardian

Rimanews - Sekitar 54 ribu orang di Augsburg, Jerman, dievakuasi setelah ditemukan sebuah bom seberat 1,8 ton bekas Perang Dunia II yang belum meledak. Ini merupakan evakuasi warga terbesar di Jerman sejak perang tersebut berakhir.

Bom milik Angkatan Udara Inggris (RAF) itu ditemukan di distrik bersejarah kota tersebut pekan lalu. Polisi mengatakan, Hari Natal merupakan momen yang tepat untuk menjinakkan bom tersebut karena jalanan kota sedang sepi dan banyak warga yang pergi ke tempat saudaranya.

Polisi berkeliling kota dengan pengeras suara dan meminta warga segera mencari tempat berlindung dan mengosongkan lokasi sekitar penemuan bom paling lambat pukul 10.00 waktu setempat.

Peribadatan Natal di salah satu katedral abad pertengahan yang terkenal akan paduan suara anak laki-lakinya juga harus dipindah ke tempat lain.

Sekolah dan fasilitas olahraga dijadikan tempat pengungsian sementara dan polisi enggan memastikan sampai kapan proses penjinakkan akan dilakukan.

Bom, yang dikenal sebagai "blockbuster" itu, merupakan jenis terbesar yang pernah dijatuhkan RAF saat melancarkan serangan udara di Jerman. Beratnya mencapai 1,8 ton, dan jika meledak, dapat menghancurkan bangunan yang berada dalam radius 1,5 kilometer.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
14 Februari 2017 | 15:09
Pegunungan Alpen longsor, 4 tewas
11 Februari 2017 | 12:14
Turki adakan referendum 16 April
11 Februari 2017 | 09:27
Turki sita heroin senilai US$ 4,1 juta