Eropa

Kurangi polusi, Madrid berlakukan aturan ganjil-genap

2.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:24
30 DES 2016
Ilustrasi
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Theguardian

Rimanews - Pemerintah kota Madrid menerapkan aturan ganjil-genap bagi kendaraan pribadi untuk mengurangi tingkat polusi yang semakin memburuk.

Pembatasan ganjil-genap di ibu kota Spanyol berlaku pada Kamis pukul 06.30 sampai 21.00. "Kendaraan berplat genap untuk tanggal genap dan kendaraan berplat ganjil untuk tanggal ganjil," kata dewan kota Madrid dalam sebuah pernyataan, dikutip dari the Guardian hari ini.

Langkah ini dilakukan pemerintah kota Madrid karena dua stasiun pengukuran kualitas udara mencatat kadar nitrogen dioksida berbahaya melebihi angka 200 mikrogram per meter kubik selama dua hari berturut-turut, dan diperkirakan tidak akan turun dalam waktu dekat.

Pada Kamis, dewan lingkungan kota Madrid Ines Sabanes mengatakan, aturan ini tidak akan diperpanjang jika kualitas udara sudah membaik. Sementara aturan lain seperti larangan parkir bagi orang yang bukan penduduk kota Madrid dan batas kecepatan maksimum tetap akan dilanjutkan.

Aturan ganjil-genap ini tidak berlaku bagi moped, mobil hibrida, atau kendaraan yang membawa tiga orang atau lebih serta yang digunakan oleh difabel. Bus, taksi dan kendaraan darurat juga masuk dalam pengeculian.

"Ini bukan soal pembatasan lalu lintas, tapi tentang isu penting kesehatan publik," kata Wakil Wali Kota Marta Higueras. "Banyak orang menderita masalah pernapasan dan sangat terpengaruh oleh polusi ini."

Terbaru
24 Maret 2017 | 07:00
Teroris London seorang residivis
13 Maret 2017 | 20:47
Turki panggil diplomat Belanda
13 Maret 2017 | 11:35
Belanda tolak minta maaf ke Turki