Eropa

Inggris akui pernah kirim 500 bom cluster ke Saudi

4.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
22:47
10 JAN 2017
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Theguardian

Rimanews - Inggris mengekspor ratusan bom cluster ke Arab Saudi pada akhir tahun 80an, menurut data kementerian pertahanan Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Menteri Pertahanan Michael Fallon mengatakan 500 bom cluster dikirim ke Saudi dari Inggris antara 1986 dan 1989. Ini adalah pertama kalinya Kemenhan Inggris menyebutkan jumlah bom cluster yang mereka ekspor ke Saudi setelah muncul laporan tentang pengiriman senjata berbahaya itu "dalam jumlah terbatas" bulan lalu.

Koalisi pimpinan Saudi kini menggunakannya dalam perang di Yaman yang sudah menewaskan lebih dari 10 ribu orang, yang menurut PBB hampir 4.000 di antaranya warga sipil.

Inggris menghadapi tudingan kejahatan perang dan desakan dari masyarakat untuk menghentikan penjualan senjata ke Saudi karena mereka menggunakan bom cluster dalam perang Yaman. Penggunaan bom cluster dilarang berdasarkan perjanjian internasional, dan Inggris menandatanganinya.

Bulan lalu, Fallon mengatakan dia puas karena penggunaan bom cluster oleh Saudi tidak melanggar hukum internasional, dan meminta kepada keluarga kerajaan di Riyadh untuk menghancurkan stok kiriman Inggris yang masih tersisa. Saat itu, dia tak dapat mengatakan berapa jumlah bom cluster yang dikirim ke Saudi.

Namun, dalam surat kepada anggota parlemen Partai Konservatif, Philip Hollobone, Fallon mengatakan: "Inggris mengirim 500 bom cluster BL755 dalam perjanjian antar pemerintah yang ditandatangani pada 1986. Pengiriman terakhir dilakukan pada 1989."

KATA KUNCI : , , , , ,
Eropa