Eropa

Studi: wanita Korsel mampu hidup rata-rata hingga usia 91

4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
15:22
22 FEB 2017
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Studi terbaru memprediksi harapan hidup di sejumlah negara maju akan meningkat pada 2030, terutama bagi wanita Korea Selatan yang diperkirakan mampu mencapai usia rata-rata 91 tahun.

Ilmuwan sebelumnya merasa harapan hidup dengan usia rata-rata di atas 90 tahun mustahil. Tapi, kemajuan teknologi medis yang dikombinasikan dengan program sosial berhasil mendobrak hal tersebut, termasuk di negara-negara yang warganya mampu hidup sehat hingga usia senja, menurut studi yang dipimpin Majid Ezzati dari Imperial College London.

"Saya merasa batas itu memang ada, tapi kita masih sangat jauh dari hal itu," kata Ezzati dalam hasil studi yang diterbitkan secara online di jurnal Lancet, kemarin, dikutip dari The Associated Press.

Ezzati memperkirakan suatu saat manusia dapat hidup rata-rata sampai usia 110 atau 120 tahun. Menurut dia, hal yang membuat wanita Korsel dapat hidup panjang umur adalah investasi jaminan kesehatan universal. Pria Korsel juga memimpin dalam daftar negara yang memiliki rata-rata usia penduduk paling lama di dunia.

"Ini berbanding terbalik dengan apa yang kita lakukan di Barat, di mana terjadi banyak ketegangan dan ketidaksamarataan," katanya.

Ezzati dan rekannya menggunakan tren kematian dan umur panjang untuk memperkirakan harapan hidup di 35 negara maju. Perhitungan ini berlaku bagi bayi yang lahir pada 2030.

Wanita lebih panjang umur dibandingkan pria di semua negara. Di belakang Korse, ada wanita Prancis, Jepang, Spanyol, dan Swiss yang diperkirakan mampu hidup sampai usia 88 tahun. Pria Korsel diperkirakan akan bertahan hidup hingga usia 84 tahun, disusul Australia, Swiss, Kanada, dan Belanda dengan usia hampir 84.

Wanita Macedonia menempati urutan buncit dengan 78 tahun sementara di kalangan pria ada Serbia yang diperkirakan hanya mampu mencapai rata-rata 73 tahun.

Terbaru
27 Mei 2017 | 11:42
Merkel serang balik Trump
17 Mei 2017 | 15:04
Puasa 21 jam di Greenland
11 Mei 2017 | 08:03
Hollande mengundurkan diri