Eropa

Ajak orang danai ISIS via Facebook, pria Swedia divonis 6 bulan bui

4.7K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
22:52
24 FEB 2017
Ilustrasi
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Warga Swedia divonis enam bulan penjara karena mengajak orang lain mendanai ISIS melalui Facebook.

Ahmad Qadan (34) didakwa karena menulis status dalam bahasa Swedia pada 21 Agustus 2013 yang berbunyi: "Bantu kami untuk menyediakan bantuan senjata kepada saudara kami sehingga mereka bisa membalaskan dendam saudara dan saudari mereka."

Dalam kesaksiannya, Qadan membantah dakwaan pengadilan dan mengatakan dirinya baru mengambil alih akun Facebook itu pada 2014 dari seseorang yang tidak dikenalinya. Akun tersebut dibuka dengan nama Ash-Shaami As-Suwedi.

Hakim pengadilan distrik Malmo, Lennart Strinas, mengatakan kasus tersebut belum pernah terjadi sebelumnya di Swedia.

"Kejahatan yang didakwakan terhadap pria itu mungkin masih pada tahap awal dalam rangkaian peristiwa, tetapi hal tersebut dapat menimbulkan kejahatan teroris," katanya dalam sebuah pernyataan, Kamis (23/02).

Mereka yang membaca tulisan itu didesak menyebutkan dua orang yang bisa mengirimkan uang ke nomor rekening bank yang mereka lampirkan, ungkap pengadilan.

Salah satu pria yang disebut dalam tulisan itu dicatat sebagai donatur teror oleh PBB dan Uni Eropa.

Tulisan tersebut "telah dipublikasikan sedemikian rupa sehingga siapa pun yang mengakses Internet bisa membacanya, bahkan orang-orang yang tidak memiliki akun Facebook," ungkap pengadilan.

Sekitar 300 orang telah meninggalkan Swedia untuk bergabung dengan ISIS di Suriah dan Irak, menurut badan intelijen Swedia, Sapo, demikian laporan AFP.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
24 Maret 2017 | 07:00
Teroris London seorang residivis
13 Maret 2017 | 20:47
Turki panggil diplomat Belanda
13 Maret 2017 | 11:35
Belanda tolak minta maaf ke Turki
25 Februari 2017 | 12:20
Rusia negara miskin atau kaya?
Eropa