Eropa

Basmi tikus, Paris anggarkan dana Rp 21 miliar

2.4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
22:41
13 MAR 2017
Dok. Tikus.
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Wali Kota Paris Anne Hidalgo mengatakan pemerintah siap menggelontorkan dana 1,5 juta euro atau setara Rp 21,37 miliar untuk membasmi tikus di ibu kota dan menyediakan lebih banyak asbak publik untuk menjaga kebersihan.

Desember lalu, Paris disorot karena banyaknya hewan pengerat di kota tersebut sebelum peluncuran operasi "perang melawan tikus". Saat mengumumkan program anti-pengerat, Hidalgo mengungkapkan rencananya membeli perangkap tikus baru dan menaruh 30.000 tempat sampah berbahan kayu atau Plexiglass. Tempat sampah tersebut juga akan dilapisi kantong plastik tipis yang dirancang untuk mencegah serangan terorisme karena membuat pelaku lebih sulit menyembunyikan peledak di dalamnya.

Dalam wawancara dengan surat kabar mingguan Journa du Dimanche, Minggu (12/03), Hidalgo mengungkapkan 10 poin rencana untuk menjadikan kebersihan sebagai "prioritas". Langkah-langkah tersebut meliputi peningkatan jumlah pekerja sanitasi dan pengawas kesehatan, perluasan jadwal pengambilan sampah, dan desakan kepada restoran-restoran serta bangunan untuk menyediakan lebih banyak asbak di pintu masuk dan keluar.

Para pekerja kota mengumpulkan lebih dari 150 ton puntung rokok setiap tahun di Paris. "Kita sudah mengalokasikan 500 juta euro per tahun untuk kebersihan dan pengelolaan sampah ... dan situasi sudah membaik," katanya, seperti dikutip dari AFP. "Namun, Paris belum bersih sempurna.

"Saya ingin mempercepat, meningkatkan upaya. Itu adalah prioritas utama," katanya.

"Di sebuah kota yang beradab, kebersihan harus menjadi tanggung jawab semua orang," tambahnya, seraya menyerukan perubahan pola pikir dan kebiasaan warga. "Di Tokyo, semuanya bersih dan tidak ada sampah karena orang menunggu sampai ke rumah sebelum membuang sampah mereka."

KATA KUNCI : , , , , ,
Terbaru
13 Maret 2017 | 20:47
Turki panggil diplomat Belanda
13 Maret 2017 | 11:35
Belanda tolak minta maaf ke Turki
25 Februari 2017 | 12:20
Rusia negara miskin atau kaya?
23 Februari 2017 | 13:23
Turki izinkan tentara berjilbab