Eropa

Norwegia negara paling bahagia di dunia, Indonesia peringkat 81

16.4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:11
20 MAR 2017
Ilustrasi
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Theguardian

Rimanews - Norwegia berhasil menggeser Denmark sebagai negara paling bahagia di dunia, berdasarkan kepercayaan sosial dan kesetaraan yang dianggap dapat meningkatkan kesejahteraan warga.

Menurut laporan berjudul "World Happiness Report 2017", penduduk negara-negara Nordik—Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia, dan Swedia—paling bahagia di bumi. Swiss, Belanda, Kanada, Selandia Baru, dan Australia melengkapi daftar 10 besar negara paling bahagia di dunia. Israel berada di posisi 11 sementara Palestina menduduki peringkat 103.

Amerika Serikat menempati posisi 14, Jerman (16), Inggris (19), dan Prancis (31).

Indonesia berada di peringkat 81, jauh di bawah negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Singapura (26), Thailand (32), dan Malaysia (42). Sementara Filipina berada sembilan tingkat lebih tinggi dari Indonesia di posisi 72.

Negara-negara sub-Sahara Afrika—Sudan Selatan, Liberia, Guinea, Togo, Rwanda, Tanzania, Burundi, dan Republik Afrika Tengah—bersama Suriah dan Yaman menempati urutan buncit berdasarkan laporan yang dirilis Sustainable Development Solutions Network (SDSN) di PBB.

"Negara bahagia adalah negara yang memiliki keseimbangan kesejahteraan yang sehat, dengan ukuran konvensional, dan modal sosial, yang berarti masyarakatnya memiliki tingkat saling percaya yang tinggi, rendahnya ketimpangan dan kepercayaan pada pemerintah," kata Jeffrey Sachs, direktur SDSN dan penasihat khusus sekretaris jenderal PBB dalam sebuah wawancara, seperti dikutip dari the Guardian.

KATA KUNCI : , , , , ,
Terbaru
17 Mei 2017 | 15:04
Puasa 21 jam di Greenland
11 Mei 2017 | 08:03
Hollande mengundurkan diri
Eropa