Eropa

Para pemimpin dunia kutuk teror London

3.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:52
23 MAR 2017
Dok. Korban teror London di Jembatan Westminster mendapatkan pertolongan dari warga.
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Sejumlah pemimpin negara asing mengutuk aksi teror di dekat gedung parlemen Inggris di London kemarin yang menewaskan empat orang, termasuk pelaku.

Dalam serangkaian cuitan di Twitter, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengecam serangan mematikan tersebut dan mengatakan, negaranya ikut merasakan "rasa sakit yang dialami Inggris".

"Kami menyatakan solidaritas untuk Inggris, teman dan sekutu kami, melawan terorisme, ancaman terbesar perdamaian dan keamanan global," kata Erdogan melalui akun Twitternya, @RT_Erdogan, hari ini.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, serangan di dekat gedung parlemen Inggris membuktikan bahwa dunia harus bersatu melawan terorisme. Dalam sebuah surat kepada Perdana Menteri Inggris Theresa May, Putin mengatakan, "penting untuk menyatukan upaya setiap anggota komunitas internasional untuk menghadapi ancaman teror."

PM Cina Li Keqiang ikut mengutuk aksi teror yang juga melukai lebih dari 20 orang. Dia mengatakan, serangan dekat Westminster menjadi isu pertama yang dibahas ketika dirinya bertemu dengan PM Australia Malcolm Turnbull di Canberra Kamis pagi.

Li mengatakan, "bersama, kami mengucapkan bela sungkawa kepada perdana menteri Inggris, dan bersama, kami mengutuk terorisme dan kami melawan segala bentuk terorisme."

PM Selandia Baru Bill English juga ikut mengutuk teror London dan mengirimkan surat kepada May untuk memberikan dukungan serta mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga para korban.

Seorang pria berusia 40 tahunan menabrakkan mobil yang dikendarainya ke arah pejalan kaki di Jembatan Westminster sebelum menusuk polisi yang berjaga di gerbang gedung parlemen dan mencoba masuk sebelum akhirnya dilumpuhkan oleh petugas keamanan lainnya, demikian sebagaimana dikutip dari The Washington Post.

KATA KUNCI : , , , , , ,
Eropa