Eropa

Pelaku teror London bukan jaringan ISIS

4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:11
29 MAR 2017
Dok. Garis polisi dipasang di sekitar lokasi serangan di Jembatan Westminster London, Inggris. Foto: Reuters
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Independent

Rimanews - Polisi mengatakan, pelaku teror di Jembatan Westminster London tidak memiliki kaitan dengan ISIS maupun Al Qaeda. ISIS, sebelumnya, mengklaim bertanggung jawab atas serangan dekat gedung parlemen Inggris yang menewaskan lima orang, termasuk pelaku Khalid Masood.

"Metode serangan (Masood) tampaknya dilakukan dengan pengalaman minim, teknologi sederhana, dan teknik berbiaya murah yang ditirunya dari serangan lain, dan menggemakan retorika pemimpin ISIS dalah hal metodologi dan menyerang polisi serta warga sipil, tapi pada tahap ini saya tak memiliki bukti dia membahas (serangan) ini dengan orang lain," kata wakil asisten komisaris kepolisian London, Neil Basu, dikutip dari Independent hari ini.

"Sementara ini saya tidak menemukan bukti kaitannya dengan ISIS atau AQ, meski ada kepentingan jihad di dalamnya," tambah Basu.

Hal ini bertentangan dengan laporan-laporan sebelumnya yang menyebutkan bahwa Masood memiliki hubungan dengan kelompok teror. Sehari setelah serangan, ISIS mengklaim bertanggung jawab dan menyebut Masood "tentara ISIS".

Klaim ISIS tersebut diragukan banyak pihak karena mereka seringkali mengklaim serangan di berbagai negara tanpa memberikan bukti keterlibatan mereka.

Terbaru
16 April 2017 | 11:04
Turki gelar referendum hari ini
8 April 2017 | 15:00
PBB kecam serangan Stockholm