Eropa

Paus desak warga sipil di Mosul dilindungi

4.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:31
29 MAR 2017
Paus Fransiskus
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Daily Mail

Rimanews - Paus Fransiskus mengatakan pasukan yang terlibat pertempuran di Mosul, Irak, berkewajiban melindungi orang-orang tak bersalah dan mendesak masyarakat dunia melakukan tindakan untuk melindungi warga sipil.

"Dalam mengungkapkan kesedihan mendalam bagi para korban konflik berdarah, saya menyerukan semua orang untuk berkomitmen mengerahkan segala daya upaya untuk melindungi warga sipil, kewajiban penting dan mendesak," kata Paus, saat menyambut kelompok lintas agama Irak di Lapangan Santo Petrus, hari ini, dikutip dari The Associated Press.

Paus mengatakan, dia secara khusus mengkhawatirkan nasib warga Irak yang terjebak di tengah-tengah pertempuran antara ISIS dan tentara Irak, yang dibantu pasukan Kurdi dan koalisi pimpinan Amerika Serikat.

Kantor HAM PBB telah meminta koalisi pimpinan AS untuk meminimalisasi korban sipil ketika melancarkan serangan udara di Mosul setelah lebih dari 300 orang tewas sejak Februari. Satu serangan pada 17 Maret bahkan menewaskan 140 orang sekaligus yang berlindung di dalam sebuah rumah.

Amnesti Internasional mengatakan, tingginya korban sipil di Mosul menunjukkan bahwa koalisi pimpinan AS tidak melakukan tindakan memadai untuk mencegah jatuhnya korban sipil dalam membantu pasukan Irak mengambil alih Mosul dari tangan ISIS.

Eropa