Eropa

Raja Salman batal hadiri KTT G20 karena krisis diplomatik

6.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
13:12
04 JUL 2017
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud
Reporter
Andika Pratama
Sumber
AFP

Rimanews - Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, batal menghadiri KTT G20 yang diselenggarakan di Hamburg, Jerman. Alasan ketidakhadiran Raja Salman karena krisis diplomatik dengan Qatar.

"Pemerintah Jerman telah menerima pemberitahuan resmi bahwa Raja Salman tidak akan melakukan perjalanan ke KTT G20," kata seorang juru bicara kepada AFP.

Sebagai gantinya, Raja berusia 81 tahun itu mengirim Menteri Keuangan Mohammed al-Jadaan ke KTT G20, demikian laporan kantor berita Jerman DPA.

Pemimpin negara-negara Arab seharusnya menghadiri pertemuan dengan negara-negara maju dan berkembang yang tergabung dalam G20 pada Jumat dan Sabtu ini.

Laporan media Jerman menyatakan bahwa delegasi Saudi telah menyewa hotel mewah Vier Jahreszeiten (Four Seasons) di Hamburg secara keseluruhan untuk raja dan delegasinya.

Arab Saudi dan sekutunya Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir bersama-sama memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Mereka juga melarang Qatar masuk wilayah udara, laut dan darat dan memutus rute penting untuk impor termasuk makanan.

Mereka menuduh Doha mendukung kelompok teroris dan terlalu dekat dengan Iran, dan Qatar membantah keras semua tudingan itu.

Menteri luar negeri Jerman Sigmar Gabriel pada hari Senin (3/7/2017) melakukan perjalanan ke wilayah tersebut, di mana dia bertemu dengan rekannya dari Saudi Adel al-Jubeir dan mengunjungi UEA sebelum menuju ke Qatar dan Kuwait pada hari Selasa (4/7/2017).

Kepala negara yang tidak hadiri di KTT G20 adalah Presiden Brasil Michel Temer, yang mendapat tekanan dari warganya karena kasus penyuapan.

Eropa