Timur Tengah

Pria bersenjata tembaki kelab malam di Istanbul, 35 orang tewas

2.4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
08:13
01 JAN 2017
Polisi bersiaga di depan kelab malam Istambul. Foto: BBC
Reporter
Dede Suryana
Sumber
Rimanews

Rimanews - Malam pergantian tahun di Istanbul, Turki, diwarnai insiden berdarah. Seorang pria bersenjata menembaki pengunjung kelab malam Raina di distrik Ortakoy, mengakibatkan sedikitnya 35 orang tewas dan puluhan lainnya luka serius.

Gubernur Istanbul, Vasip Sahin, seperti dilansir BBC, mengatakan serangan itu terjadi sekitar pukul 01.30 waktu setempat. Seorang pria mengenakan kostum santa clause tiba-tiba memberondong tembakan secara membabi buta kepada sekitar 600 pengunjung yang memenuhi kelab malam itu.

"Seorang teroris dengan senjata laras panjang secara brutal melancarkan serangan dengan menembakkan peluru ke orang-orang tak berdosa yang hanya merayakan Tahun Baru dan bergembira," kata Sahin.

Menjelang malam pergantian tahun, Istanbul sejatinya dalam keadaan siaga penuh. Sebanyak 17.000 polisi disiapkan menghadapi kemungkinan serangan teror.

Ini adalah teror kedua di bulan Desember setelah seorang polisi Turki bernama Mevlut Mert Altintas menembak mati Duta Besar Rusia, Andrei Karlov, dalam sebuah pameran kesenian. 

Sebelumnya, pada 10 Desember lalu, dua serangan bom terjadi di luar stadion sepak bola di Istanbul menewaskan 44 orang. Milisi Kurdi mengaku bertanggung jawab. Agustus sebelumnya, bom meledak di sebuah pesta pernikahan di Gaziantep menewaskan sedikitnya 30 orang. ISIS diduga berada di balik peristiwa itu.

Terbaru
13 Januari 2017 | 21:29
Iran boleh impor 130 ton uranium
12 Januari 2017 | 06:15
Maroko larang produksi cadar
6 Januari 2017 | 17:36
Rusia tarik kapal induk dari Suriah